detikNews
Rabu 11 September 2019, 20:35 WIB

Anies Kenang BJ Habibie sebagai Bapak Demokrasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Kenang BJ Habibie sebagai Bapak Demokrasi Presiden ke-3 RI BJ Habibie tutup usia. (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dia mengenang BJ Habibie sebagai sosok yang membuka jalan demokrasi bagi Indonesia.

"Media massa, jurnalistik berutang budi pada Pak Habibie. Beliau yang membuka dan membuat kita semua merasakan adanya kebebasan jurnalistik seperti yang kita rasakan hari ini. Bukan saja bapak demokrasi, tetapi juga beliau orang yang paling berjasa dalam membuat dunia pers menjadi bebas seperti sekarang ini. Jadi kita berutang budi," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).



Anies menuturkan pernah bertemu dengan BJ Habibie saat dia masih duduk di bangku SMA. Saat itu BJ Habibie masih menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek).

"Saya ketemu pertama kali dengan Pak Habibie SMA kelas 3. Saya dari Yogya, anak SMA mau wawancara Menristek di kantornya, itu pengalaman yang tak terlupakan, dan kemudian bersambung sampai ketika saya sudah bertugas di sini (gubernur) pun masih saling silaturahmi dan ngobrol dengan beliau," ucap Anies.



Anies mengaku sosok Habibie adalah sosok inspiratif. Anies menyebut Indonesia berduka atas meninggalnya BJ Habibie.

"'Nak belajar yang rajin, biar bisa seperti Pak Habibie.' Pak Habibie itu inspirasi bagi jutaan rumah tangga, jutaan anak-anak. Jadi Indonesia berduka, kita semua berduka, kami berduka. Insyaallah kami percaya Pak Habibie dimuliakan di sisi Allah dan amal jariah luar biasa panjang," ujar Anies.


Tonton video "BJ Habibie Pernah Tekuk Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500" :

[Gambas:Video 20detik]


(aik/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com