detikNews
Rabu 11 September 2019, 19:42 WIB

Wagub Ijeck Minta Inspektorat Sumut Usut Uang Rp 1,6 M yang Hilang

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Wagub Ijeck Minta Inspektorat Sumut Usut Uang Rp 1,6 M yang Hilang Wagub Ijeck (Foto: Dok. Istimewa)
Medan - Wakil Gubenur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah (Ijeck) kecewa dengan hilangnya uang Rp 1,6 miliar di pelataran parkir kantor Gubenur Sumut. Dia meminta Inspektorat melakukan pemeriksaan.

"Saya minta inspektorat segera bertindak, sehingga semuanya jadi terang dan dapat menjadi pelajaran ke depannya," ujar Ijeck di Medan, Rabu (11/9/2019).



Dia juga meminta semua pihak tidak berspekulasi soal penyebab hilangnya uang tersebut. Ijeck meminta semua pihak menunggu hasil penyelidikan pihak Kepolisian dan Inspektorat.

Inspektur Provinsi Sumut, Lasro Marbun, menyatakan, saat ini Inspektorat sedang melakukan pemeriksaan terhadap kejadian kehilangan uang tunai dimaksud. Inspektorat akan memeriksa pihak yang terkait dengan kejadian tersebut.

"Hasil pemeriksaan akan dilaporkan kepada pimpinan. Sesuai hasil pemeriksaan akan ada konsekuensi bagi pihak-pihak yang bertanggung jawab sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," katanya.



Sebelumnya, uang tunai sejumlah Rp 1,6 miliar untuk honor kegiatan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) hilang saat disimpan di dalam mobil Avanza BK 1875 ZC yang parkir di pelataran Kantor Gubernur, Senin (8/9). Uang tersebut diambil dari Bank Sumut oleh Pembantu Pejabat Pelaksana
Teknis Kegiatan (PPTK) Muhammad Aldi Budianto bersama tenaga honorer Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Indrawan Ginting.

Dari bank, keduanya kembali ke Kantor Gubernur Sumut dan meninggalkan uang itu di dalam mobil. Saat kembali ke mobil, ternyata uang itu sudah hilang. Polisi pun sudah turun tangan untuk mengusut kasus ini.
(rul/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com