detikNews
Rabu 11 September 2019, 17:01 WIB

Bantu Jokowi Cari Menteri

Mayoritas Sipil, Inikah Kandidat Menhan Kabinet Jokowi?

Tim detikcom - detikNews
Mayoritas Sipil, Inikah Kandidat Menhan Kabinet Jokowi? Foto: Ilustrasi: Zaki Alfarabi
Jakarta - Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi), perlu dibantu sosok menteri yang mumpuni, salah satunya adalah Menteri Pertahanan (Menhan). Di antara kandidat militer dan sipil, siapa yang menurut Detikers tepat?

Ada enam kandidat kuat Menhan yang berasal dari ratusan nama usulan Detikers lewat survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Nama-nama itu kemudian ditelaah tim pakar dalam focus group discussion (FGD) dan redaksi detikcom kemudian memfinalisasi enam nama calon menteri di setiap kementerian.

Kini, Detikers kembali punya peran lewat polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Polling berlangsung pada 10-30 September 2019. Tiga nama yang paling banyak direkomendasikan oleh Detikers ditambah menteri inkumben akan diserahkan kepada Jokowi sebagai hasil dari 'Bantu Jokowi Cari Menteri'



Polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' dapat diakses di https://www.detik.com/jokowi-cari-menteri. Detikers cukup memilih kementerian, lalu pilih tokoh yang dinilai tepat untuk mengisi posisi menteri tersebut.

Siapa saja enam kandidat Menhan di 'Bantu Jokowi Cari Menteri'?

Ini nama-nama dan profil singkatnya

Erick Thohir

Erick Thohir adalah pengusaha yang merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 yang lalu. Erick pernah mengakuisisi saham klub sepak bola asal Italia, Inter Milan namun kemudian melepasnya di tengah dinamika Pilpres 2019. Saat Asian Games 2018, Erick merupakan ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committe (INASGOC).

Erick Thohir / Erick Thohir / Foto: Biro Pers Setpres

As'ad Said Ali

As'ad Said Ali pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di era kepemimpinan Hendropriyono. Dia juga merupakan Wakil Ketua Umum PBNU periode 2010-2015.

As'ad Said Ali / As'ad Said Ali / Foto: detikcom


Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo merupakan politikus PDIP yang saat ini menjabat sebagai Mendagri. Dia pernah menjabat sebagai anggota DPR selama 6 periode sejak 1987. Di PDIP, Tjahjo pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Tjahjo Kumolo / Tjahjo Kumolo / Foto: Ari Saputra


Hadi Tjahjanto

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Panglima TNI sejak Desember 2017. Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Hadi Tjahjanto merupakan Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara.

Marsekal Hadi Tjahjanto / Marsekal Hadi Tjahjanto / Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan


Gayus Lumbuun

Prof Gayus Lumbuun adalah mantan hakim agung yang dulu mengawali karirnya sebagai advokat. Dia pernah menjadi anggota DPR dan menduduki posisi sebagai anggota Komisi III hingga Ketua Badan Kehormatan DPR RI. Gayus merupakan Guru Besar Hukum Administrasi Negara dari Universitas Krisnadwipayana.

Gayus Lumbuun / Gayus Lumbuun / Foto: Rengga Sancaya


Rizal Sukma

Dr Rizal Sukma saat ini merupakan Duta Besar LBBP RI untuk Inggris. Dia adalah mantan Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS). Rizal memperoleh gelar doktor dari London Scholl of Economics and Political Science (LSE).

Rizal Sukma / Rizal Sukma / Foto: Fitraya/detikcom


Menurut Detikers, siapa yang tepat menjadi Menhan di periode kedua Jokowi? Isi polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' di sini detik ini juga!
(imk/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com