detikNews
2019/09/11 16:37:35 WIB

Fadli Zon Bertemu dengan Tokoh Papua, Ini yang Dibahas

Tsarina Maharani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Fadli Zon Bertemu dengan Tokoh Papua, Ini yang Dibahas Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh Papua dan Papua Barat. Pertemuan itu membahas upaya perdamaian di Bumi Cenderawasih.

Sejumlah anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Papua dan Papua Barat turut hadir dalam pertemuan tersebut. Pertemuan digelar di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

"Kami ingin mendengar secara lebih terbuka bagaimana kita melihat persoalan Papua yang ada sekarang yang pada garis besarnya ini bukan persoalan baru. Rata-rata mengatakan ini hanya pintu masuk dari persoalan lama yang terpendam. Ini yang harus kita selesaikan dalam solusi jangka pendek dan panjang, dari sisi regulasi maupun pelaksanaan. Saya kira ini dibutuhkan dialog terbuka dengan tokoh-tokoh yang tepat," kata Fadli seusai rapat.


Fadli mengatakan DPR bakal segera menyusun rekomendasi terhadap penyelesaian persoalan di Papua-Papua Barat berdasarkan hasil pertemuan itu. Selanjutnya, dia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan anggota DPR bisa berdialog dengan para tokoh adat Papua-Papua Barat secara langsung.

"Kita tahu di Papua dan Papua Barat ada total 7 wilayah adat dengan 280-an suku. Jadi setidaknya dari wilayah adat itu mungkin bisa bermusyawarah siapa tokoh-tokohnya yang bisa bicara dan diharapkan ada intervensi kebijakan yang tepat di sana melalui suatu proses dialogis," ujarnya.

"Jadi dari hasil pertemuan ini akan kami formulasikan rekomendasi kami, bahkan kami akan mencoba untuk mengundang pihak-pihak terkait dalam hal ini supaya kita bisa duduk bersama dalam sebuah rapat konsultasi tentang persoalan Papua," imbuh Fadli.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com