detikNews
Rabu 11 September 2019, 11:19 WIB

Sandiaga Balik Gerindra, Lalu Apa?

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Sandiaga Balik Gerindra, Lalu Apa? Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta - Sandiaga Uno dipastikan kembali ke Gerindra. Berakhir sudah balada mengharu-biru kepergian Sandiaga dari partai besutan Prabowo Subianto itu. Lantas bakal ada kejutan apa lagi?

Adalah Waketum Fadli Zon yang memastikan Sandiaga kembali ke Gerindra. Kepada wartawan, Sandiaga pun mengamini informasi itu. Sandiaga bakal bicara khusus dengan Ketum Prabowo Subianto terkait info yang sebenarnya sudah banyak diprediksi orang itu.

"Saya tunggu pembicaraan lebih lanjut. Saya sendiri ingin sementara waktu istirahat dulu secara politik," kata Sandi seusai peluncuran buku 'Arah Baru Kebijakan Kesejahteraan Indonesia' karya Fahri Hamzah di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Sandiaga mundur dari Gerindra tak lama sebelum Prabowo memastikan mengajaknya berduet pada Pilpres 2019. Prabowo sendiri yang mengumumkan keputusan penting itu pada kisaran Agustus 2018.

"Saya meminta beliau mundur dari Partai Gerindra, padahal beliau di Partai Gerindra sudah cukup lama, sekarang jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, di bawah saya," kata Prabowo Subianto di kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Mundur dari Gerindra, Sandiaga pun mendadak biru muda. Kemeja biru muda jadi baju tempurnya menghadapi Pilpres 2019. Rumor santer kala itu, warna biru muda itu adalah permintaan PAN, yang juga salah satu parpol pengusung Prabowo-Sandiaga.



Rumor itu kemudian seolah dikonfirmasi oleh pernyataan PAN yang memberikan KTA kepada Sandiaga, meski KTA itu tak pernah diterima Sandiaga.

Dan nyatanya, Sandiaga memang tak pernah melepaskan KTA Gerindra. Sandiaga mundur dari Gerindra, tapi KTA tetap ada di kantongnya.

"Pada saat itu kita melihat salah satu netralitas dan saya sudah melakukan itu kan. Saya berkampanye hanya dengan PAN, Demokrat, sama PKS. Dan alhamdulillah hasilnya sudah cukup. Tapi ternyata kalau kita lihat, saya nggak, nggak ada... nggak ada prosesi untuk nyabut KTA saya itu, nggak terjadi gitu," ungkap Sandiaga, Kamis (5/9/2019).

Sudah jelas Sandiaga kembali ke pangkuan Gerindra, PAN pun sudah menutup spekulasi soal kepindahan Sandiaga. Lantas apa yang akan terjadi setelah Sandiaga kembali ke Gerindra?

Meski Sandiaga menyebut mau istirahat, sejumlah rumor beredar luas soal manuver bayangan ala Sandiaga Uno. Isu santer Sandiaga diusulkan oleh Prabowo Subianto jadi menteri Jokowi, spekulasi lain bahkan lebih liar, yakni soal kembalinya Sandiaga jadi Wagub DKI lagi. Mana yang benar? Kita lihat saja balada selanjutnya.
(van/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com