detikNews
2019/09/11 01:10:52 WIB

Suka-Duka Eko, Driver Ojol di Bekasi Antar Makanan Pakai Sepeda

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Suka-Duka Eko, Driver Ojol di Bekasi Antar Makanan Pakai Sepeda Eko, driver ojol yang menggunakan sepeda untuk mengantar pesanan. (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Sudah dua bulan sejak Lebaran, Eko Susilo (47) tidak lagi bisa menggunakan motornya untuk mencari penumpang ojek online. Sejak motornya rusak, Eko menaruh harapannya pada sepeda gunung untuk mengantarkan pesanan makanan lewat aplikasi ojol (ojek online) tersebut.

Suka-duka dialami Eko saat mengantarkan pesanan makanan dengan bersepeda. Salah satunya ia mendapatkan komplain dari pelanggan karena pesanannya terlalu lama tiba.

"Customer komplainnya kok agak lama (datang). 'Ya bu maaf Bu motor lagi rusak, ngomong terus terang gitu,'" ujar Eko saat ditemui di kediamannya, Jalan Bambu Kuning RT 03 RW 02, Kampung Sepatan Sepanjang Jaya, Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Selasa (10/9/2019).

Rata-rata konsumen Eko kaget saat mengetahui ia mengantar makanan tanpa mengendarai motor. Eko pun harus memberi penjelasan kepada konsumennya.



Eko mengalami masuk angin ketika pertama kali mengantar makanan menggunakan sepeda. Perjalanan yang dia tempuh pun terasa lebih panjang dan melelahkan.

"Pas pertamanya (mengendarai sepeda) kaget, balik ke rumah, aku kerok, masuk angin, biar lancar. Setelah sepedaan, baru jalan seminggu badan remuk itu," ujar Eko.

Karena itu, Eko mengambil pesanan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumahnya. Eko juga meminta izin kepada customer bahwa ia mengendarai sepeda sehingga akan memakan waktu yang cukup lama.

"Saya kasih tahu, 'Bu maaf ini lama. Kita nunggu, kita bilang pakai sepeda, mau nggak?' 'Ya udah Pak," ujar Eko.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com