detikNews
Selasa 10 September 2019, 18:25 WIB

Polisi: Hari Kedua Ganjil Genap di Jl RS Fatmawati, Pelanggaran Turun

Farih Maulana S - detikNews
Polisi: Hari Kedua Ganjil Genap di Jl RS Fatmawati, Pelanggaran Turun Penindakan pelanggar ganjil-genap di Jl RS Fatmawati, Jaksel, menurun. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Perluasan sistem ganjil-genap memasuki hari kedua. Polisi menyatakan pelanggaran ganjil-genap di kawasan Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan, mengalami penurunan.

"Ada penurunan setelah gage (ganjil-genap) diterapkan kemarin, kalau kemarin cukup banyak yang masih melanggar. Alhamdulillah kalau hari ini sampai jam 10.00 WIB penurunan itu ada, yang kita tindak kurang-lebih sekitar 30 kendaraan yang di Fatmawati," ujar Panit Tindak Satlantas Polres Jakarta Selatan Ipda Deni Setiawan di lokasi, Jaksel, Selasa (10/9/2019).


Dia mengatakan pelanggaran turun hingga 50 persen. Deni menyebut polisi menjaring 30 kendaraan yang pelat nomornya tidak sesuai dengan tanggal genap hari ini. Menurutnya, mayoritas para pelanggar masih beralasan belum mengetahui penerapan ganjil-genap di jalur ini.

"Kalau kemarin itu sampai jam 10.00 WIB kita masih dapat 70 pelanggar, kalau hari ini separuhnya. Udah pada tahu, tapi masih banyak juga orang yang melanggar pura-pura nggak tahu padahal sosialisasi udah lama," katanya.


Selain itu, Deni memastikan tidak ada penumpukan kendaraan di jalur-jalur alternatif seperti Jalan Pondok Indah dan Jalan Antasari, Jaksel yang tidak terkena sistem ganjil-genap. Menurutnya, masyarakat lebih memilih melintas di luar jam pemberlakuan aturan ganjil-genap.

Banyak pengemudi yang ditindak mengaku tak tahu bahwa Jl RS Fatmawati diberlakukan ganjil-genapBanyak pengemudi yang ditindak mengaku tak tahu bahwa di Jl RS Fatmawati diberlakukan ganjil-genap. (Farih Maulana/detikcom)

"Nggak ada (penumpukan) karena kalau jalur alternatif seperti Antasari yang di flyover itu kan diberlakukan one way. Jadi untuk penumpukan nggak ada," katanya.




Untuk diketahui, perluasan kawasan ganjil-genap diberlakukan mulai Senin (9/9). Berikut ini 25 rute ganjil-genap yang diperluas:

1. Jalan Pintu Besar Selatan
2. Jalan Gajah Mada
3. Jalan Hayam Wuruk
4. Jalan Majapahit
5. Jalan Medan Merdeka Barat
6. Jalan MH Thamrin
7. Jalan Jenderal Sudirman
8. Jalan Sisingamangaraja
9. Jalan Panglima Polim
10. Jalan Fatmawati (mulai dari simpang Jl Ketimun 1 sampai simpang Jl TB Simatupang)
11. Jalan Suryopranoto
12. Jalan Balikpapan
13. Jalan Kyai Caringin
14. Jalan Tomang Raya
15. Jalan S Parman (mulai dari Simpang Jl Tomang Raya sampai Simpang Jl KS Tubun)
16. Jalan Gatot Subroto
17. Jalan MT Haryono
18. Jalan HR Rasuna Said
19. Jalan DI Panjaitan
20. Jalan Jenderal A Yani (dari simpang Jl Perintis Kemerdekaan sampai simpang Jl Bekasi Timur Raya)
21. Jalan Pramuka
22. Jalan Salemba Raya sisi barat, Jalan Salemba Raya sisi timur
23. Jalan Kramat Raya
24. Jalan Stasiun Senen
25. Jalan Gunung Sahari.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com