Sidang Habil Marati Ditunda Gara-gara Tak Didampingi Pengacara

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 10 Sep 2019 17:10 WIB
Sidang Habil Marati di PN Jakpus, Selasa (10/9/2019) ditunda. (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Sidang perdana Habil Marati atas kasus dugaan makar dan perencanaan pembunuhan empat tokoh nasional ditunda. Alasannya, Habil Mariti belum didampingi pengacara dalam persidangan.

"Saya baru tahu ada sidang dakwaan tadi pagi, makanya kuasa hukum saya tidak ada," kata Habil Marati dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Sementara itu, jaksa mengatakan sudah memberi informasi ke Habil Marati dan memberikan surat dakwaan pada pekan lalu. Selain itu, jaksa sudah mengirimkan surat pemanggilan kehadiran dalam sidang perdana.




"Izin majelis hakim untuk pemanggilan terdakwa kita sampaikan hari Jumat tapi ditujukan ke rutan Polda," kata jaksa.

Atas hal itu, hakim ketua Haryono menyebut akan memberikan kesempatan bagi Habil untuk didampingi kuasa hukum saat sidang. Sidang dijadwalkan digelar lagi pada Kamis (19/9).

"Kami kasih kesempatan Bapak ya, Bapak didampingi penasihat hukum, untuk itu sidang kita tunda hari Kamis yang akan datang," kata hakim.




Habil Marati sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi atas kasus dugaan rencana pembunuhan empat tokoh nasional. Habil disebut memberikan uang sebesar SGD 15 ribu untuk uang operasional kepada Kivlan Zen.

Uang itu disebut-sebut diberikan kepada Kivlan Zen untuk membeli senjata api ilegal. Kivlan lalu mencari eksekutor dan memberi target pembunuhan empat tokoh nasional, yaitu Wiranto, Budi Gunawan, Luhut Binsar, dan Yunarto Wijaya, bos lembaga survei Charta Politika. (fai/fdn)