detikNews
Selasa 10 September 2019, 12:46 WIB

KPU Ungkap Kendala 18 KPU Daerah Usulkan NPHD Pilkada

Dwi Andayani - detikNews
KPU Ungkap Kendala 18 KPU Daerah Usulkan NPHD Pilkada Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 18 KPU daerah belum menyerahkan usulan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada 2020. KPU RI mengatakan salah satu kendalanya adalah karena kurangnya komunikasi dengan pemerintah daerah.

"Jadi komunikasi antara KPU dengan pemerintah daerah dan DPRD-nya belum lancar," ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).


Selain itu, Pramono mengatakan masih ada KPU daerah yang menunggu jumlah honor untuk badan ad hoc seperti Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). Menurutnya, hal ini karena besaran honor tersebut masih dibahas di Kementerian Keuangan.

"Bisa juga temen-temen KPU menunggu beberapa peraturan, terkait misalnya soal kisaran honorarium badan ad hoc, kita masih nunggu dari Kementerian Keuangan," kata Pramono.

"Honornya berapa, bisa jadi temen-temen masih menunggu itu untuk memasukkan ke dalam usulan," sambungnya.



Pramono menyebutkan KPU daerah bisa mengacu pada aturan lama terkait besaran honor. Namun nantinya KPU daerah perlu melakukan perubahan bila terdapat perubahan besaran honor.

"Kalaupun gitu, mereka masih berpegang pada peraturan yang lama, nanti di tengah jalan akan dilakukan revisi, penyesuaian dengan peraturan yang baru kisaran harganya begitu," kata Pramono.


Sebelumnya, disebutkan dari 270 daerah yang melaksanakan pilkada, sudah 252 KPU yang telah mengusulkan NPHD. "Dari 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2020, sebanyak 252 KPU telah mengusulkan NPHD," ujar Pramono Ubaid Tanthowi (9/9).

Pramono menyebutkan total usulan NPHD yang diajukan 252 KPU sebesar Rp 10,9 Triliun. Sedangkan sebanyak 18 KPU daerah disebut belum mengusulkan NPHD.
(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com