detikNews
Selasa 10 September 2019, 08:53 WIB

Masih Ada Pengemudi yang Melanggar di Hari Ke-2 Ganjil Genap Jaksel

Farih Maulana Sidik - detikNews
Masih Ada Pengemudi yang Melanggar di Hari Ke-2 Ganjil Genap Jaksel Ganjil genap hari ke-2 di Jl Panglima Polim Jakarta Selatan. (Farih MS/detikcom)
Jakarta - Hari kedua perluasan sistem ganjil-genap diberlakukan pagi ini. Sejumlah kendaraan yang pelat nomornya tidak sesuai dengan tanggal genap hari ini ditindak oleh polisi.

Pantauan detikcom, di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, pukul 08.00 WIB, Selasa (10/9/2019), masih ada pengendara berpelat nomor ganjil yang melintas rute gage ditanggal genap. Nampak ada tiga mobil yang ditilang.



"Ini sudah hari kedua perluasan ganjil-genap, sudah sosialisasi satu bulan. Masih belum tahu?," tanya ketua tim tindak lantas Polres Jakarta Selatan, Iptu Marsiyono.

"Saya lupa pak, saya lagi buru-buru," jawab seorang pengendara.

Pengendara itu lalu ditilang oleh polisi karena mengendarai mobil berpelat nomor ganjil pada tanggal genap hari ini. Polisi memberikan surat tilang kepadanya.

Marsiyono mengatakan meski masih ada pelanggar yang ditindak, namun jumlahnya menurun drastis jika dibandingkan hari pertama. Hal itu, menurutnya karena masyarakat sudah mengetahui aturan sistem ganjil genap di wilayah ini.

"Jumlahnya menurun banyak lah, mungkin semua warga udah tahu bahwa wilayah ini sepanjang jalur Fatmawati sampe Senayan masuk jalur gage," katanya.



"Kurang lebih sepanjang Panglima Polim, dari jam 6 ada 15-20 pelanggar yang ditilang," sambungnya.

Sistem ganjil genap diberlakukan di 25 ruas di wilayah DKI Jakarta dengan durasi diperpanjang menjadi pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB. Bagi para pengemudi yang melanggar, akan dikenai sanksi denda Rp 500 ribu.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com