detikNews
Senin 09 September 2019, 18:03 WIB

Boat Mati Mesin, 5 Warga Prancis Dievakuasi ke Banda Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Boat Mati Mesin, 5 Warga Prancis Dievakuasi ke Banda Aceh Foto: Proses evakuasi WNA Prancis (dok SAR Banda Aceh)
Banda Aceh - Lima warga negara (WN) Prancis dievakuasi ke Banda Aceh setelah boat yang mereka tumpangi mengalami mati mesin. Kelimanya sempat terombang-ambing karena ombak besar.

Kelima WN Prancis tersebut yaitu Amaya (25), Jean Philippe (57), Jonathan (24), Anthoni (29) serta Florence (57). Mereka menumpangi boat didampingi dua warga Sabang yaitu Zulkifli (30) dan Husni (30).

"WNA asal Prancis ini sedang berwisata di Sabang. Tadi mereka mau ke Kuala Lumpur via Banda Aceh," kata Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono kepada wartawan, Senin (9/9/2019).



Menurutnya, para WNA ini takut ketinggalan pesawat sehingga memutuskan menyewa boat dari Iboih, Sabang. Namun dalam perjalanan ke Banda Aceh tiba-tiba boat mengalami mati mesin sehingga kesulitan berlayar ditambah ombak besar.



Insiden itu kemudian dilaporkan ke tim SAR Banda Aceh. Satu unit sea rider serta empat petugas SAR dikerahkan ke lokasi tepatnya di Perairan Pulo Buro, Aceh Besar untuk melakukan evakuasi.

Petugas penyelamat tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 16.30 WIB dan langsung mengevakuasi seluruh WNA. Mereka selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh dan tiba sekitar pukul 16.55 WIB.

"Kelima WNA tersebut sudah diserahkan ke agen travel," jelas Budiono.
(agse/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com