detikNews
2019/09/09 13:32:10 WIB

Tangkap Ferry Kombo, Polisi Juga Kejar Aktor Intelektual Rusuh Papua Lainnya

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Halaman 1 dari 1
Tangkap Ferry Kombo, Polisi Juga Kejar Aktor Intelektual Rusuh Papua Lainnya Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Polda Papua menangkap aktor intelektual kerusuhan Papua, yakni mantan Ketua BEM Uncen, Ferry Kombo. Pelaku lain yang terlibat kerusuhan tersebut juga terus dikejar.

"Masih ada lagi tokoh-tokoh penggerak lapangan yang akan terus dilaksanakan penegakan hukum oleh Polda Papua," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Senin (9/9/2019).


Ferry ditangkap di Bandara Sentani, Jayapura. Dia ditangkap saat hendak terbang ke Wamena.

Menurut Dedi, Ferry berperan menggerakkan sejumlah tokoh di Papua. Ferry juga diduga mengerahkan aktor lapangan yang terlibat kerusuhan di Papua.

"Menggerakkan beberapa tokoh yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Papua yang ada di beberapa di Jawa maupun yang terkoneksi di Papua juga. Yang bersangkutan ditangkap di Papua ketika akan berangkat ke Wamena," kata Dedi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (9/9).

"Dia menggerakkan dari sisi akar rumput, kemudian menggerakkan dari aktor lapangan kerusuhan yang ada di Jayapura maupun di beberapa wilayah di Papua," imbuhnya.

Dedi menyebut Ferry menyampaikan provokasi secara langsung. Polisi kini juga mendalami adanya provokasi yang disebar lewat media sosial.

"Ada langsung, secara direct, langsung, melalui komunikasi medsos, itu kita sedang dalami semuanya," pungkas Dedi.



Polisi Buru Veronica Koman Tersangka Provokasi Asrama Papua:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com