detikNews
Senin 09 September 2019, 13:18 WIB

Ada-ada Saja! Pelantikan DPRD Dompu Dikecam karena Bertepatan G30S/PKI

Faruk - detikNews
Ada-ada Saja! Pelantikan DPRD Dompu Dikecam karena Bertepatan G30S/PKI Gedung DPRD Dompu. Foto: Faruk/detikcom
Dompu - Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Dompu NTB periode 2019-2024 akan dilaksanakan pada tanggal 30 September mendatang. Namun rencana tersebut menuai kecaman. Pasalnya ada yang menganggap tanggal tersebut bertepatan dengan hari kebangkitan PKI atau yang dikenal dengan Gerakan 30 September PKI.

Kecaman itu datang dari mantan anggota Komisioner KPU Dompu 2014-2019, Suherman. Dia mengatakan momentum tersebut tidak tepat dan tidak bijak karena dapat mencederai perjuangan bangsa ini. Dia pun meminta tanggalnya digeser pada 1 Oktober yang sesuai dengan Hari Kesaktian Pancasila.

"Pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Dompu Periode 2019-2024 yang direncanakan pada 30 September 2019 menurut saya tidak tepat dan tidak bijak," kata Suherman kepada wartawan, Senin (09/09/2019).


Menurut dia, bangsa ini mengetahui bahwa di tanggal tersebut (30/9) tercatat sebagai sejarah kelam. Bangsa Indonesia memperingatinya sebagai kebiadaban Komunis yang mencoba merongrong kedaulatan bangsa melalui Gerakan 30 September.

"Menurut saya, momentumnya tidak tepat dan tidak bijak. Rasanya, akan melukai bangsa ini," ujarnya.

Rencana pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD akan dilaksanakan pada tanggal 29 September. Namun tanggal tersebut bertepatan dengan hari Minggu.

"Maka waktu yang tepat dan bijak menurut saya adalah 1 Oktober 2019. Kita ambil momentum hari Kesaktian Pancasila. Kita ingin agar anggota DPRD Dompu yang diambil sumpah janjinya pada momentum tersebut adalah anggota DPRD yang berjiwa Pancasilais," tandasnya.

Rencana pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota baru DPRD Dompu ini, sebelumnya telah disepakati dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD setempat. Lokasi pelantikan direncanakan di halaman kantor Bupati Dompu.

Menanggapi kecaman tersebut, Sekretaris Dewan Dompu Agus Salim mengatakan jadwal pelantikan sudah ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Dompu. Jadwal pelantikan tak akan berubah.

"Jadwal dan tempat itu Bamus yang tentukan, kalau sudah ditetapkan oleh Bamus kita tetap mengeksekusi atau melaksanakan itu, karena itu sudah ditetapkan. Kecuali Bamus menetapkan perubahan," ungkap terpisah.

Sesua aturan, masa berakhirnya jabatan DPRD yang lama jatuh pada tanggal 29 September 2019. Sehingga pelantikan anggota DPRD yang baru sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 29 September, namun karena bertepatan dengan hari libur, makan di undur menjadi tanggal 30 September.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com