Keutamaan Puasa Asyura yang Dilaksanakan 10 September Besok

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 09 Sep 2019 12:40 WIB
Keutamaan Puasa Asyura yang Dilaksanakan 10 September Besok/Foto: iStock
Keutamaan Puasa Asyura yang Dilaksanakan 10 September Besok/Foto: iStock
Jakarta - Puasa Asyura jatuh pada tanggal 10 September 2019 besok. Ibadah sunnah tersebut dilaksanakan untuk memperingati tanggal 1 Muharram atau tahun baru Islam.

Untuk menjalankan ibadah puasa Asyura, umat Islam perlu melakukan niat terlebih dahulu. Niat tersebut bisa dibaca secara latin 'Nawaitu sauma asyuro sunnatal lillahita'ala' yang artinya 'Saya niat puasa hari Asyura, sunnah karena Allah ta'ala'.



Berikut 3 keutamaan puasa Asyura yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Sebaik-baiknya Puasa

Puasa Asyura menjadi puasa sunnah yang paling diutamakan setelah puasa wajib di bulan Ramadhan. Hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam Hadist Riwayat Muslim nomor 1163 dari Abu Hurairah.

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram."

2. Menghapus Dosa Satu Tahun Lalu

Puasa Asyura memiliki manfaat untuk menghapus dosa satu tahun yang lalu. Perkara tersebut disebutkan dalam Hadist Riwayat Muslim nomor 1162, Nabi Muhammad SAW bersabda ketika ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura "Puasa Asyura akan menghapus dosa satahun yang lalu."



3. Puasa Tasu'a

Puasa Asyura merupakan ibadah sunnah yang diistimewakan oleh Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, untuk menyelisihi puasa Asyura yang juga dilaksanakan oleh orang Yahudi, Rasuallah meminta umat Islam untuk menjalankan puasa Tasu'a.

Puasa Tasu'a dilaksanakan pada 9 Muharram atau satu hari sebelum puasa Asyura. Hal itu diungkapkan dalam Hadist Riwayat Muslim nomor 1134.

Kala itu mengingat orang Yahudi ikut menjalankan puasa Asyura, Nabi Muhammad SAW bersabda "Apabila tiba tahun depan, Insya Allah (jika Allah menghendaki), kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan."

Selamat menjalankan puasa Asyura besok, ya! (pay/nwy)