detikNews
2019/09/08 17:47:55 WIB

Cabut Paspor Tak Akan Jadikan Kewarganegaraan Veronica Koman Hilang

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cabut Paspor Tak Akan Jadikan Kewarganegaraan Veronica Koman Hilang Foto ilustrasi (Kantor Dirjen Imigrasi/Foto: Istimewa)
Jakarta - Polisi meminta pihak Imigrasi mencabut paspor Veronica Koman, warga negara Indonesia tersangka provokasi asrama Papua. Politikus Partai Demokrat menilai itu bisa menjadikan Veronica sebagai orang tanpa kewarganegaraan (stateless), Indonesia berisiko dituding melanggar HAM.

Namun, pihak Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menjelaskan, pencabutan paspor seorang WNI tak lantas menjadikan yang bersangkutan kehilangan kewarganegaraan.



"Tidak. WNI yang dicabut paspornya tidak lantas menjadi kehilangan kewarganegaraan," kata Kepala Sub Bagian Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando, kepada wartawan, Minggu (8/9/2019).

Sam menjelaskan, aturan terkait pencabutan paspor ini ada di Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Pada Pasal 31 disebutkan menteri luar negeri atau pejabat imigrasi berwenang mencabut paspor.



Penarikan paspor biasa dilakukan bila pemegangnya melakukan tindak pidana atau melanggar aturan perundang-undangan dengan ancaman pidana 5 tahun atau lebih. Penarikan paspor juga bisa dilakukan bila pemegangnya termasuk dalam daftar pencegahan. Penarikan paspor biasa terhadap tersangka yang telah berada di luar negeri harus disertai dengan pemberian Surat perjalanan Laksana Paspor Republik Indonesia yang akan digunakan dalam rangka mengembalikan pelakunya ke Indonesia.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com