detikNews
2019/09/08 02:06:52 WIB

TKW Lombok Dianiaya Majikan di Saudi, KJRI Jeddah Paksa Pembayaran Kompensasi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Halaman 1 dari 2
TKW Lombok Dianiaya Majikan di Saudi, KJRI Jeddah Paksa Pembayaran Kompensasi Foto: Ilustrasi: Fuad Hashim
Jakarta - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lombok Barat NTB berinisial SW dianiaya majikan di Arab Saudi. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah memaksa majikan tersebut untuk membayar kompensasi senilai 50 ribu rial atau setara Rp 185 juta.

Kompensasi itu merupakan hasil kesepakatan setelah SW menyatakan bersedia memberikan pemaafan kepada keluarga majikan yang telah menganiayanya. KJRI Jeddah juga memaksa majikan melunasi sisa gaji 12 bulan yang nilainya mencapai 12 ribu rial atau setara Rp 44,4 juta.



Informasi mengenai keberadaan SW ini diterima KJRI dari pihak kepolisian setempat. Disebutkan bahwa ada seorang perempuan asal Indonesia yang mengalami luka di beberapa bagian tubuhnya. Perempuan itu juga mengaku melarikan diri dari majikannya.

"Kami memerintahkan tim petugas agar segera menjemput SW di kantor polisi," ujar Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin dalam keterangannya, Minggu (8/9/2019).

Berbekal surat keterangan dari pihak kepolisian, Tim Pelayanan dan Pelindungan Warga (Yanlin) KJRI Jeddah membawa SW ke rumah sakit untuk melakukan visum. Hery memerintahkan kasus tersebut dibawa ke jalur hukum.

"Ini tindakan tidak berperikemanusiaan yang harus diproses secara hukum. Kami perintahkan agar kasus ini dikawal dan pelaku dibawa ke jalur hukum," ujar Hery.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com