ADVERTISEMENT

15 Tahun Kasus Munir, Keluarga Kembali Cari Ruang Ajukan Upaya Hukum

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 07 Sep 2019 16:29 WIB
Istri Munir, Suciwati (Dwi Andayani/detikcom)


Dia juga menuturkan akan mendiskusikan langkah lebih lanjut ini ke Komnas HAM. Sebab, sebelumnya Komnas HAM telah mengeluarkan eksaminasi publik. "Kami sedang siapkan tim hukum untuk menggodok ulang lagi, karena kan ada eksaminasi Komnas misal, itu kuat sekali," ujar Suci.

"Soal terdakwa Muchdi Purwoprandjono itu kan penting untuk bisa kami lakukan lagi. Kami tanyakan lagi kepada Komnas apa tindak lanjut dari Komnas setelah mengeluarkan eksaminasi publik," sambungnya.


Suci menilai saat ini pengungkapan kasus Munir jalan di tempat. Dia menyebut sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Jaksa Agung untuk melakukan pengungkapan. Namun tidak ada tindak lanjut atas hal tersebut.

Suciwati akan menempuh upaya hukum lagi terkait kasus pembunuhan Munir.Suciwati akan menempuh upaya hukum lagi terkait kasus dugaan pembunuhan Munir. (Dwi Andayani/detikcom)

"Yang pasti kan hari ini kasusnya sendiri mandek, stagnan kalau kami bilang, karena kemarin kita berharap Jokowi di tahun kemarin pemerintahan kemarin menyatakan bahwa memerintahkan, Jaksa Agung lah ya untuk menindaklanjuti kasus Munir. Tapi ternyata tidak ada gerakan sama sekali," tuturnya.

Selain itu, dia menilai terdapat kejahatan kemanusiaan dalam kasus Munir. Dia menyayangkan kasus Munir belum terungkap sedangkan Pollycarpus Budihari Priyanto terpidana kasus pembunuhan Aktivis Munir Said Thalib telah dinyatakan bebas murni dari hukuman 14 tahun penjara. "Ada kejahatan kemanusiaan ada kemufakatan jahat menghilangkan orang yang penting bagi kita dan kemudian pembunuhnya bebas," kata Suci.

(dwia/aan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT