detikNews
2019/09/07 13:39:07 WIB

PAN Minta PT Esemka Jelaskan soal Tudingan Mirip Mobil China

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
PAN Minta PT Esemka Jelaskan soal Tudingan Mirip Mobil China Saleh Partaonan Daulay (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Media sosial diramaikan soal mobil Esemka yang dinilai mirip dengan mobil asal China. PAN menilai polemik soal mobil Esemka ini harus segera diakhiri. Karena itu, PAN meminta pihak PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) menjelaskan detail soal produksi Esemka.

"Polemik soal mobil Esemka ini harus diakhiri. Harus dimulai dari keterbukaan pihak manajemen mobil Esemka. Mereka perlu menjelaskan berbagai hal terkait produksi mobil Esemka tersebut. Pihak manajemen dituntut untuk menjelaskan investor yang terlibat, tenaga ahli yang bekerja, sistem distribusi dan pemasaran, serta hal-hal lain yang perlu diketahui masyarakat. Tidak ada yang salah dalam memproduksi mobil Esemka tersebut. Tetapi tentu rasa ingin tahu masyarakat harus juga disahuti," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Sabtu (7/9/2019).


Saleh menilai wajar jika banyak pertanyaan yang muncul menyusul peluncuran mobil Esemka, mengingat mobil tersebut telah ditunggu-tunggu kehadirannya sejak beberapa tahun yang lalu.

"Mungkin karena sudah lama ditunggu-tunggu, akhirnya ada pertanyaan-pertanyaan bernada ingin tahu dari masyarakat. Sebagai calon konsumen, masyarakat tentu punya hak untuk mendapatkan informasi. Lagian, tidak perlu ada yang ditutup-tutupi dalam setiap pekerjaan yang diyakini dan dinilai baik," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com