detikNews
Sabtu 07 September 2019, 11:05 WIB

Serunya 2.168 Anak Buat Kreasi Roti untuk Sarapan Bergizi

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Serunya 2.168 Anak Buat Kreasi Roti untuk Sarapan Bergizi Foto: Faidah Umu Sofuroh
Jakarta -

Kegembiraan terlihat di raut muka anak-anak PAUD yang mengikuti Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi 2019. Acara yang digelar oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) dan Sari Roti ini mengajak 2.168 anak-anak PAUD se-Jakarta Pusat untuk membuat kreasi roti untuk sarapan bersama di Tugu Proklamasi.

"Seneng ya, seru acaranya, terus bisa nambah pengalaman, anak-anak juga keliatan seneng banget. Sama bisa nambah pengetahuan juga kalau sarapan itu penting apalagi untuk anak-anak," ungkap Asmawati, seorang ibu pendamping dari TK Aisyah Cempaka Putih kepada detikcom di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

Senada dengan Asmawati, pendamping TK lainnya, Mei Susanti, pun mengungkapkan hal yang sama. Ia berpendapat bahwa sarapan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Sehingga anak bisa lebih berkonsentrasi saat menerima ajaran dari guru-guru di sekolah.

"Sarapan itu penting ya, biar dianya juga lebih fokus di sekolah. Kalau saya si biasanya ngasih susu, roti atau nasi sebelum (anak) berangkat (sekolah)," katanya.

Ada cara khusus yang dimiliki oleh Mei saat anak mulai susah diajak sarapan atau makan. "Kalau tipsnya, biasanya saya ajak makannya sambil dia main," imbuhnya.

Pada kegiatan ini, Sari Roti mengajak para ibu dan anak-anak untuk membuat roti kreasi dari roti tawar yang telah disiapkan dan bahan-bahan tambahan yang dibawa oleh para ibu. Ada yang membawa selai, sosis, meses, permen warna-warni, hingga sayur-sayuran untuk mempercantik tampilan roti kreasi.

Setelah membuat kreasi roti, ibu dan anak meng-upload foto kreasi roti di media sosial Facebook dan Instagram. Foto dengan jumlah like terbanyak dan caption menarik akan mendapatkan hadiah utama 1 buah smartphone. Pemenang akan diumumkan pada 14 September 2019.

Adapun beberapa kecamatan yang ikut serta dalam acara ini antara lain Kecamatan Kebayoran, Tanah Abang, Gambir, Senen, Johar Baru, Menteng, Cempaka Putih, Sawah Besar, dan Kemayoran.




(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com