detikNews
2019/09/07 10:52:03 WIB

Hari Aksara Internasional, Gubernur Sulsel Perkenalkan Literasi Budaya Timur

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Halaman 1 dari 3
Hari Aksara Internasional, Gubernur Sulsel Perkenalkan Literasi Budaya Timur Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, ingin literasi budaya dari Timur, khusus Sulawesi diperkenalkan lebih sering ke tingkat nasional.Foto: Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, ingin literasi budaya dari Timur, khusus Sulawesi diperkenalkan lebih sering ke tingkat nasional. Literasi itu mengajarkan masyarakat untuk saling menghormati satu sama lain.

"Nilai ini diajarkan secara turun-temurun oleh orang tua kita untuk membentuk karakter kita bersama," kata Nurdin dalam sambutannya di acar Hari Aksara Internasional Ke-54 Tingkat Nasional. Kegiatan tahun ini yang mengangkat tema Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat, dilaksanakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sabtu (7/9/2019).

Nurdin memperkenalkan salah satu nilai luhur yang lahir dari Sulsel yaitu sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi, yang memiliki arti saling memanusiakan, saling mengingatkan dan saling menghargai.

Nurdin berharap dengan menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari maka bisa menciptakan keharmonisan dan suasana yang kondusif di tengah-tengah masyarakat. Ini juga dapat diterapkan di era yang serba menggunakan teknologi misalnya dengan sosial media untuk menyebarkan berita yang baik dan termasuk dalam memerangai penyebaran berita hoaks.

"Inilah tantangan literasi pada abad 21 yang lebih dari kemampuan baca, tulis dan hitung. Literasi yang berdasar budaya luhur, saling menghargai, menyebarkan kebaikan dan kritis menerima setiap informasi yang kita terima," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com