detikNews
Sabtu 07 September 2019, 01:00 WIB

Antisipasi Sampah di Musim Hujan, UPK Badan Air DKI Siagakan 4.000 Petugas

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Antisipasi Sampah di Musim Hujan, UPK Badan Air DKI Siagakan 4.000 Petugas Foto: Pradita Utama
Jakarta - Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air DKI Jakarta menyiapkan 4.000 personelnya untuk membersihkan sampah jelang musim hujan. Petugas disiagakan di setiap pintu air.

"Kami menyiagakan 4.000 personel yang terlibat dalam satgas penanganan sampah di musim penghujan," ujar Kepala UPK Badan Air Yayat Supriatna dalam keterangan tertulis, Jumat (6/9/2019).

Yayat menyebut pihaknya pun telah menyiapkan alat dan sarana sebagai penunjang. Diantaranya, 44 pickup angkut sampah, 50 truk sampah, 5 eskavator jenis spider, 6 eskavator long arm, 20 eskavator jenis biasa serta 1 eskavator liebher yang didampingi oleh 23 orang petugas mobilisasi dan 12 orang petugas mekanik.

Sementara itu, Plt. Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yusiono Supalal mengatakan, para petugas itu nantinya akan disebar ke titik pintu air yang rawan tumpukkan sampah. Mereka juga diinstruksikan untuk memantau perkembangan situasi secara berkala.

"Ketika terjadi tumpukan sampah, selain petugas eksisting di ruas tersebut, maka personel dan armada tambahan akan segera bergerak ke lokasi itu. Kita siaga 24 jam," ucapnya.

Adapun lokasi yang membawa timbunan sampah cukup banyak ketika memasuki musim penghujan, terutama di Kali Ciliwung, yaitu diawali dari ruas Kali Ciliwung Jagakarsa menuju Kali Ciliwung jembatan TB Simatupang, Kali Ciliwung Kalibata, Kali Ciliwung Kampung Pulo, Kali Ciliwung Manggarai, Kali Ciliwung BKB Petamburan, Kali Ciliwung Season City, dan terakhir Kali Ciliwung BKB Kalijodo menuju muara. Selain itu, untuk titik lain selain dari aliran Kali Ciliwung, yaitu Kali Pesanggarahan, Kali Baru Barat dan Kali Baru Timur.




Tonton video Sampah 'Serba Ada' di Kali Baru:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com