detikNews
2019/09/06 16:26:58 WIB

Polri Sudah Deteksi Jaringan ISIS di Papua Sejak 2 Tahun Lalu

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polri Sudah Deteksi Jaringan ISIS di Papua Sejak 2 Tahun Lalu Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Agung Pambudhy-detikcom).
Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan ada kelompok yang berafiliasi dengan ISIS yang menyerukan jihad di tanah Papua. Mabes Polri sendiri sudah mendeteksi keberadaan ISIS di tanah Papua sejak 2 tahun ke belakang.

"Jadi untuk jaringan ISIS yang di Papua memang sudah dideteksi sekitar 2 tahun belakangan ini," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019).


Meski telah berada di Papua sejak 2 tahun lalu, namun aktivitas ISIS di Papua baru terlihat dalam 1 tahun ini. Salah satu aktivitas ISIS yang terdeteksi Densus 88 adalah rencana pengeboman di Polres Manokwari.

"Ada 1 sudah dilakukan penegakan hukum oleh Densus 88, jaringan ini rencana akan melakukan pengeboman di Polres Manokwari tapi berhasil diamankan. Jadi ada di Jayapura, Wamena, Fakfak, Manokwari, Merauke, dan ada beberapa wilayah di situ sel-selnya memang dia masih melakukan rekrutmen," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com