Round-Up

Benny Wenda di Balik Rusuh Papua, Bukan Lagi Warga Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Sep 2019 06:42 WIB
Benny Wenda (BBC Indonesia)

Menteri Koordinator Bidang Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyampaikan, Benny kehilangan kewarganegaraannya karena suda lima tahun berada di negara lain tanpa melapor ke otoritas Indonesia.

"Setelah kita cek status WNI-nya dari yang bersangkutan telah hilang, sesuai peraturan perundang-undangan sudah menetap lebih dari lima tahun di negara lain tanpa melaporkan diri," kata Wiranto dalam jumpa pers di gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.


Benny ada di Oxford, Inggris. Wiranto mengatakan Benny Wenda kini mendapat permanent resident dari Pemerintah Inggris. Benny jadi warga kehormatan Kota Oxford.

"Saat ini mendapatkan permanent resident dari Pemerintah Inggris dan diangkat jadi warga kehormatan Kota Oxford, bukan kehormatan Kejaraan Inggris ya, tapi kehormatan dari Kota Oxford," lanjutnya.


Wiranto menambahkan Benny Wenda pernah mendirikan Free West Papua Campaign di Kota Oxford, Inggris pada tahun 2004. Sementara pada 2008, dia mendirikan International Parliament for West Papau.

"2011 Interpol mengeluarkan red notice terhadap BW atas laporan dari Polri tapi dicabut kembali pada tahun 2012 oleh Interpol atas pertimbangan politis," ujarnya.


Simak Video "Wiranto Beberkan Konspirasi Benny Wenda dengan Aktor Lokal Papua"

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(dnu/tsa)