detikNews
2019/09/05 18:57:51 WIB

'Dirindukan' Korlantas, Begini Gerakan Disiplin Nasional Era Soeharto

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dirindukan Korlantas, Begini Gerakan Disiplin Nasional Era Soeharto Foto: Mantan Presiden Indonesia Soeharto. (Istimewa/Getty Images)
Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri mengusulkan agar ada gerakan disiplin seperti era Presiden Soeharto untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, menurut dia, kini banyak sekali pelanggaran lalu lintas yang kerap menjadi peyebab kecelakaan.

Refdi mengatakan, gerakan disiplin nasional perlu digelar pada hari yang ditentukan. Bahkan, dia menginginkan ada satu hari tanpa ada pelanggaran.

"Saya menyarankan ada gerakan disiplin nasional seperti zaman Pak Harto dulu. Ditentukan harinya, bahwa tanggal sekian, bulan sekian, adalah hari tertib nasional atau apapun namanya. Sehingga energi kita akan mengarah pada hari itu, kalau perlu di hari itu tidak ada pelanggaran apapun yang terjadi. Kalau perlu satu hari itu kita canangkan kita tetapkan tidak ada satu pun kecelakaan, caranya seperti apa? Nantinya cari caranya, mungkin di hari itu tidak ada kendaraan yang turun ke jalan. Mungkin ada cara lain, hari itu dinyatakan libur, masyarakat hanya boleh menggunakan sepeda dan berjalan kaki," ujar Refdi dalam Workshop Smart SIM di gedung NTMC, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).



'Dirindukan' Korlantas, Begini Gerakan Disiplin Nasional Era SoehartoFoto: Kakorlantas Irjen Refdi (Farih Maulana/detikcom)

Selain itu, Refdi berharap gerakan itu bisa dilaksanakan di semua provinsi. Nantinya, lokasi gerakan disiplin itu akan dilakukan di titik-titik yang ditentukan.

"Alangkah baiknya semua gerakan itu bisa dilakukan di semua provinsi, semua kita dan kabupaten kita tentukan lokasi mana yang akan kita garap dan dilakukan secara serentak. Ketika itu bisa dilakukan tentu Indonesia bisa menjadi tertib setidaknya mungkin bisa 500 pasar bisa ditertibkan, 500 penggal jalan tertentu itu bisa kita tertibkan," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com