Naik Kapal TNI AL, Jokowi Tinjau Water Front Sungai Kapuas Pontianak

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 05 Sep 2019 16:56 WIB
Presiden Jokowi meninjau hunian menghadap laut (water front) di Sungai Kapuas (Andhika Prasetya/detikcom)
Pontianak - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau hunian yang menghadap sungai atau water front di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. Jokowi menaiki kapal milik TNI AL saat meninjau.

Jokowi naik kapal AL Lemukutan dari Mako Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019). Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Jokowi sempat mendengarkan pemaparan Basuki mengenai Penataan Permukiman Benua Melayu Laut Kota Pontianak, Peningkatan Konektivitas Kota Pontianak, dan Peningkatan Permukiman dan Penataan Kawasan Tepi Air Kota Pontianak. Setelahnya, Jokowi menaiki kapal membelah Sungai Kapuas.


Naik Kapal TNI AL, Jokowi Tinjau Water Front Sungai Kapuas PontianakFoto: Andhika Prasetya/detikcom

Seusai peninjauan, Jokowi mengatakan water front Sungai Kapuas sudah digarap selama 3 tahun oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota. Menurutnya, sebagian besar rumah sudah menghadap ke sungai.

"Kita ingin melihat water front sungai Kapuas yang tersambung dengan sungai Landak, sudah 3 tahun kita kerjakan, dengan provinsi, dengan Kota Pontianak, dan tadi kita lihat hasilnya rumah yang membelakangi sungai, sebagian sudah menghadap ke sungai sehingga kita lihat semuanya rapi. Kita lihat 1-2 tahun ini akan perpindahanya kelihatan. Kurang dikit saja," ujar Jokowi.



Water front ini juga dikerjakan di kampung nelayan Bengkulu, Tegal, dan Semarang. Jokowi menargetkan water front Sungai Kapuas benar-benar selesai tahun depan.


"Mungkin maksimal tahun depan plus penghijauan, penataan toko, dan lain-lain karena ada juga pekerjaan di gubernur, di wali kota bersama-sama," ujar Jokowi.

Naik Kapal TNI AL, Jokowi Tinjau Water Front Sungai Kapuas PontianakFoto: Andhika Prasetya/detikcom

Selain itu, Jokowi mengklaim Sungai Kapuas sudah bersih meski berwarna kecoklatan. Alasannya, air Sungai Kapuas digunakan untuk keperluan konsumsi dan tidak terlihat sampah plastik.

"Tapi bersih. Ini kan untuk air bakunya Pontianak. Paling tidak kita lihat tidak ada sampah, tidak ada plastik, paling penting itu. Pengen coba renang silakan," ucap Jokowi. (jbr/jbr)