Kabut Asap Selimuti Palembang, Warga Dianjurkan Pakai Masker

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 05 Sep 2019 16:09 WIB
Foto: Petugas bagi bagi masker ke warga Palembang (Raja-detik)


Kabut asap sendiri mulai menyelimuti Palembang dan sekitarnya sejak 2 hari lalu. Aroma bakaran terasa menyengat pada malam dan pagi hari.

"Kalau ada terkena dampak kabut asap kita persilahkan datang ke puskesmas, rumah sakit atau poskesdes. Kita juga himbau masyarakat pakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Tentu jangan lupa minum air yang banyak," katanya.

Secara terpisah, Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori menyebut kabut asap mulai masuk Palenbabg akibat arah mata angin. Nanun demikian, proses pemadaman api lahan kebakaran masih tetap dilakukan.



"Asap masuk ke Palembang karena arah anginnya mengarah ke sini. Untuk water bombing tetap menjadi fokus, helikopter untuk pemadaman juga masih terus kita lakukan, terutama di Ogan Komering Ilir," kata Ansori.

Selain Ogan Komering Ilir, kabut asap disebut beradal dari Ogan Ilir dan Musi Banyuasin. Di mana lahan terbakar di kawasan gambut hingga kini belum dapat dipadamkan.

"Titik api ada di Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin. Tiga daerah ini yang terbakar di Sumatera Selatan dan masih kita maksimalkan pemadaman. Ada tim darat dan udara," tutupnya.
(ras/rvk)