detikNews
2019/09/05 15:39:25 WIB

80 Raja Se-Nusantara Hadiri Penobatan Raja Turikale Maros VIII

Moehammad Bakrie - detikNews
Halaman 1 dari 2
80 Raja Se-Nusantara Hadiri Penobatan Raja Turikale Maros VIII Penobatan Brigjen Pol (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa jadi Raja Turikale VIII di Maros, Sulawesi Selatan. (Bakrie/detikcom)
Maros - Sebanyak 80 raja se-Nusantara serta beberapa bangsawan dari luar negeri menghadiri prosesi penobatan Raja Turikale VIII, Brigjen Pol (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa. Penobatan itu digelar di gedung serbaguna Pemkab Maros, Sulawesi Selatan.

Selain raja dan sultan, sejumlah pejabat ikut hadir, seperti Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Bupati Maros HM Hatta Rahman, mantan Ketua DPRD Maros Chaidir Syam, bersama para pemerhati adat se-Sulawesi Selatan.


Penobatan raja Turikale ini berlangsung meriah dengan prosesi adat sejak dua hari lalu yang dipusatkan di istana kerajaan atau Balla Lompoa di Turikale. Puncak penobatannya juga dilakukan dengan prosesi adat disaksikan ratusan tamu undangan.

"Di antara yang hadir hari ini yakni Sultan Sepuh Cirebon, Sultan Sumbawa, Raja Tapanuli Selatan, Sultan Sekala Brak Lampung, Sultan Kutai Kartanegara. Ada juga beberapa bangsawan dari Malaysia, Meksiko, dan Inggris," kata Sekretaris Penobatan Karaeng Turikale, Andi Kurniawan, Kamis (5/9/2019).

Penobatan Raja Turikale VIII ini diawali arak-arakan pasukan berkuda dari kerajaan. Menariknya, prosesi penobatan ini baru dilakukan setelah 73 tahun lamanya tidak pernah ada penobatan Raja Turikale.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com