Temui Pendeta Se-Papua, Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Lintas Agama Jaga Perdamaian

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 05 Sep 2019 13:17 WIB
Foto: Temui Pendeta Se-Papua, Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Lintas Agama Jaga Perdamaian (Ibnu-detik)


Maruf Amin mengatakan masyarakat Papua sangat terkenang dengan cara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat menyelesaikan permasalahan di Papua. Menurutnya, dengan cara yang dilakukan Gus Dur itu masyarakat Papua merasa dihormati.

"Dan mereka sangat terkenal dengan Bagaimana Gus Dur dulu juga melakukan upaya-upaya sehingga orang Papua merasa diperlakukan sangat terhormat oleh Gus Dur. Karena itu beliau masih tetap mengenal dimana Gus Dur itu berkomunikasi dengan pendeta dan masyarakat Papua," tuturnya.



Sementara itu, pendeta dari Papua Richard, berharap semoga tidak ada lagi provokasi yang memicu kerusuhan di tanah Papua. Richard meminta meminta Ma'ruf Amin selaku tokoh agama bisa menyuarakan agar para tokoh lintas agama bersatu dan mengambil peran untuk mewujudkan Papua yang damai.

"Kami berharap sebagai pemimpim umat beliau dapat menyuarakan kepada MUI dan NU di seluruh tanah air, khususnya di tanah Papua dan Papua Barat agar bersatu dengan pemimpin-pemimpin umat di tanah Papua dan Papua Barat untuk mewujudkan Papua dan Papua Barat tanah yang damai. Ini harapan kami ada di sini," kata Pendeta Richard.
Halaman

(ibh/rvk)