detikNews
Kamis 05 September 2019, 12:52 WIB

Pastikan Pelayanan Publik di Papua Jalan, Mendagri Telepon Gubernur-Bupati

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Pastikan Pelayanan Publik di Papua Jalan, Mendagri Telepon Gubernur-Bupati Foto: Mendagri Tjahjo Kumolo (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan semua pelayanan masyarakat di Papua tetap berjalan. Pelayanan masyarakat disebutnya berjalan normal dan tidak ada masalah.

"Nggak apa-apa, semua jalan semua. Semua pelayanan masyarakat. Normal, nggak ada masalah, semua," ujar Tjahjo di gedung Lemhannas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).


Tjahjo menceritakan dirinya setiap hari menghubungi gubernur, bupati, dan wali kota di Papua untuk memastikan pelayanan masyarakat tetap berjalan. Gedung-gedung pemerintahan, kata Tjahjo, masih bisa berfungsi.

"Saya tugas saya hanya tiap hari meneleponi gubernur, bupati, wali kota agar layanan masyarakat itu jalan, sekecil apapun. Toh semua tidak dirusak, ada DPRD-nya, ada gedung-gedung yang masih bisa difungsikan," jelas Tjahjo.


Situasi di Papua berangsur kondusif pascademo yang terjadi beberapa waktu lalu. Pasukan Brimob di Papua juga menggelar patroli untuk memastikan keamanan warga.

Sementara itu, per Rabu (4/9) malam kemarin, pemerintah menyatakan mulai membuka kembali akses internet di Papua dan Papua Barat. Dibukanya blokir layanan data di sana dilakukan secara bertahap.
(azr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com