detikNews
2019/09/05 09:22:11 WIB

Anies Izinkan PKL di Trotoar, Koalisi Pejalan Kaki: Harus Dikawal Ketat!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Anies Izinkan PKL di Trotoar, Koalisi Pejalan Kaki: Harus Dikawal Ketat! Foto: Trotoar seputaran MH Thamrin yang ditinjau Gubernur Anies Baswedan. (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Koalisi Pejalan Kaki menyambut baik usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan menempatkan pedagang kaki lima (PKL) di trotoar. Koalisi Pejalan Kaki menilai ada tiga unsur yang harus diperhatikan sebelum mengeksekusi kebijakan tersebut.

"Silakan trotoar bisa difungsikan untuk PKL tetapi ada tiga syarat tadi, hanya trotoar yang lebar atau luas, kedua ada zonasi nggak semuanya boleh. Dan yang ketiga ada pengawasan ekstra ketat," ujar aktivis Koalisi Pejalan Kaki Ahmad Safrudin kepada wartawan, Rabu (4/9/2019).


Ahmad menyebut tidak semua trotoar bisa digunakan oleh PKL. Salah satu pertimbangannya adalah lokasi. Dia kemudian mencontohkan trotoar yang berada di sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat yang tidak boleh digunakan untuk kepentingan PKL.

"Di Wahid Hasyim sekalipun trotoarnya lebar tapi nggak boleh untuk PKL karena lokasinya tidak memungkinkan," ujarnya.

Ahmad pun memberikan contoh trotoar ideal yang bisa digunakan PKL untuk berjualan. Seperti trotoar di Jalan Haji Agus Salim atau yang biasa disebut dengan Jalan Sabang, Menteng, Jakarta Pusat. Dia juga menyarankan agar trotoar di Jalan Sabang itu dilebarkan.

"Kalau mau jalan Sabang itu misalnya trotoarnya dilebarin aja nantinya hanya ada satu jalur mobil di situ. Sekarang kan masih dua jalur. Selebihnya dibikin trotoar. Nanti trotoarnya bisa dibagi," lanjuntya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com