detikNews
Rabu 04 September 2019, 22:01 WIB

Deretan Fakta Veronica Koman yang Jadi Tersangka Provokasi Papua

Tim detikcom - detikNews
Deretan Fakta Veronica Koman yang Jadi Tersangka Provokasi Papua Veronica Koman, yang menjadi tersangka provokasi Papua. (Dok. CNN)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Polisi menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka provokasi asrama Papua di Surabaya. Siapakan Veronica Koman? Ini deretan faktanya.

Saat penetapan tersangka ini, Veronica diketahui sedang berada di luar negeri. Polisi pun akan bekerja sama dengan Interpol untuk memburu Veronica.

Berikut ini deretan fakta-fakta Veronica Koman seperti dirangkum dari berbagai sumber:


1. Pengacara

Wanita kelahiran Medan, 14 Juni 1988, ini merupakan salah satu pengacara publik di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Ia menangani yang berhubungan dengan isu-isu Papua, pengungsian internasional, dan pencari suaka.

2. Aktivis

Veronica dikenal juga sebagai aktivis. Pada 2017, dia dikenal karena orasinya mengandung unsur penghinaan kepada Presiden Jokowi.

3. Pernah Unjuk Rasa soal Ahok

Veronica Koman menghadapi masalah hukum pada 2017 karena orasinya membela Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta. Dia protes terhadap vonis Ahok dalam kasus penodaan agama.


4. Aktif di Media Sosial

Veronica aktif di media sosial Twitter @veronicakoman. Dia kerap menyampaikan perkembangan informasi yang terjadi di wilayah paling timur Indonesia.

Nah, akibat posting-annya inilah polisi menetapkan Veronica sebagai tersangka. Polisi menyebut posting-an Twitter Veronica berisi hal-hal provokasi dan mengarah ke hoax. Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan total ada lima posting-an Veronica yang merupakan hoax.

5. Ditetapkan sebagai Tersangka

Polisi menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka kasus provokasi asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur. Penetapan tersangka ini dilakukan setelah polisi melakukan gelar perkara. Veronica sebelumnya sudah dipanggil sebagai saksi untuk tersangka kasus rasisme di asrama mahasiswa Papua. Namun Veronica Koman tak memenuhi panggilan.
(nwy/nwy)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com