detikNews
2019/09/04 12:41:03 WIB

Di Forum Parlemen Dunia, Ketua DPR Ajak Perangi Ketimpangan Sosial-Ekonomi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Di Forum Parlemen Dunia, Ketua DPR Ajak Perangi Ketimpangan Sosial-Ekonomi Foto: Bamsoet (Dok. Pribadi)
Badung - Ketimpangan di antara warga dunia menjadi isu yang disorot Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Forum Parlemen Dunia. Dalam sidang ini, Bamsoet mengajak para anggota parlemen berkontribusi aktif meningkatkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Mengutip laporan Oxam International 2019, organisasi nirlaba di Inggris yang berfokus pada pembangunan dan penanggulangan bencana, Bamsoet mengatakan tahun 2018 lalu terdapat 26 orang terkaya dunia yang memiliki kekayaan bersih setara 3,8 miliar penduduk dunia. Di sisi lain, kekayaan 2.200 miliarder dunia tumbuh 12 persen, di saat pendapatan penduduk miskin turun 11 persen. Laporan tersebut juga menyebutkan, sekitar 147 miliarder terkaya dunia mengendalikan sekitar 1 persen dari kekayaan global.

"Data lain dari Swiss Credit Suisse memaparkan antara Maret/Juni 2017 hingga Maret/Juni 2018, kekayaan orang super kaya tumbuh sebesar USD 2,5 miliar rata-rata per hari, sementara pendapatan setengah populasi penduduk dunia berkurang USD 500 juta per hari. Data-data tersebut menggambarkan betapa ketimpangan warga dunia, khususnya dalam peluang, pendapatan, dan kemampuan, menjadi hal yang perlu kita perangi bersama," kata Bamsoet saat membuka 3rd World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD ke-3), di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (4/9/2019).


Sidang parlemen dunia ini diinisiasi DPR RI untuk meningkatkan Sustainable Development Goals (SDGs) sejak 2017 lalu. Tahun ini tema yang diusung yakni memerangi ketimpangan melalui inklusi sosial dan keuangan.

"Sebagai bagian dari implementasi fungsi Diplomasi Parlemen yang diamanahkan oleh Undang-Undang MD3, DPR RI telah menjadi bagian terdepan dari parlemen dunia dalam menyukseskan SDGs. Sidang WPFSD ke-3 ini akan membahas tentang Memerangi Ketimpangan Melalui Inklusi Sosial dan Keuangan," ujar Bamsoet.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com