detikNews
2019/09/04 08:04:12 WIB

UIN Akan Surati MUI Jelaskan Duduk Perkara Disertasi 'Seks di Luar Nikah Halal'

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 3
UIN Akan Surati MUI Jelaskan Duduk Perkara Disertasi Seks di Luar Nikah Halal Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Prof Yudian Wahyudi (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkritik UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, yang memberi tempat untuk disertasi 'Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital' yang ditulis mahasiswa doktoral UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Abdul Aziz. Apa kata UIN Yogyakarta?

"Jadi sebetulnya itu kan sudah kami ingatkan pada si penulis, proses tahapan disertasi itu kan tiga kali ya. Nah sudah diingatkan kalau itu rentan bermasalah. Tapi rupanya si penulis ini bersikukuh sampai sebetulnya pada waktu sidang terbuka itu kami ibaratnya kayak orang kelahi dah lawan dia itu," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Prof Yudian Wahyudi kepada detikcom, Rabu (4/9/2019).



Yudian mengatakan pihaknya sejak awal sudah meminta Abdul Aziz untuk mengubah disertasinya. Namun, Abdul Aziz berkukuh untuk tetap melanjutkan disertasinya.

"Orang ini kan bahasa gampangnya keras kepala. Itu kan dalam ujian promosi sudah kita ingatkan, judul ini itu problematika itu ada. Poin-poin yang terkait dengan konsep kunci yang namanya 'milk al-yamin' itu sudah dihabisi betul oleh para penguji bahwa itu salah. Nah tapi ketika kita sudah pres rilis dia malah ngomong itu lagi di televisi, ya meledak lagi," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com