Keren! Siswa Indonesia Raih 124 Medali di Olimpiade Matematika Hong Kong 2019

Indra Komara - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 22:50 WIB
Kontingen Indonesia Olimpiade Matematika Hong Kong. (Foto: Dok. KJRI Hong Kong)
Jakarta - Siswa-siswi kontingen Indonesia meraih 123 medali dalam Olimpiade Matematika 2019 di Hong Kong. Medali yang dibawa pulang di antaranya 28 medali emas, 51 medali perak, dan 45 medali perunggu.

"Kami turut berbangga atas capaian siswa-siswi yang kembali mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk meraih capaian yang lebih baik ke depannya," ujar Acting Konsul Jenderal RI Hong Kong, Mandala S Purba, dalam keterangannya, Selasa (3/9/2019).



Sebanyak 175 siswa-siswi SD hingga SMA asal Indonesia yang bersaing dengan peserta dari 29 negara dalam Olimpiade Matematika ini. Selain meraih ratusan medali, kontingen Indonesia juga meraih 6 penghargaan khusus di antaranya satu gelar World Star (nilai tertinggi nasional), satu gelar Champions (nilai tertinggi di antara para peserta dari seluruh negara), tiga gelar 1st Runner Up, dan satu gelar 2nd Runner Up.

Kontingen Indonesia Olimpiade Matematika Hong Kong.Kontingen Indonesia Olimpiade Matematika Hong Kong. (Foto: Dok. KJRI Hong Kong)


Olimpiade Matematika di Hong Kong ini digelar 31 Agustus 2019. Para siswa siswi ini bersaing dalam 2 tingkatan yang dikompetisikan, yaitu junior dan senior. Dalam kompetisi ini, Australia dan Filipina menjadi pesaing terberat RI.

Meski siswa-siswi meraih penghargaan, KJRI mengaku prihatin dengan kontingen Indonesia karena terdampak demo Hong Kong. Mandala mengatakan ada 30 peserta dan orang tuanya terhambat perjalanannya di sekitar di Bandara Hong Kong.

Selanjutnya
Halaman
1 2