detikNews
Selasa 03 September 2019, 19:11 WIB

Diiming-imingi Naik Haji, Ibu Rumah Tangga di Sulsel Kena Tipu Rp 336 JUta

Ibnu Munsir - detikNews
Diiming-imingi Naik Haji, Ibu Rumah Tangga di Sulsel Kena Tipu Rp 336 JUta Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Makassar - Ahmad alias Mad (50) dibekuk polisi karena menipu Muliati, seorang ibu rumah tangga di Sulawesi Selatan. Pelaku menipu korbannya dengan modus akan memberangkatkan jemaah haji.

"Berhasil mengamankan seorang laki laki di di Bandara Sultan Hasanuddin yang merupakan pelaku tindak pidana penipuan modus jemaah haji di wilayah hukum Polrestabes Makassar, Polda Sulsel," kata Kanit Timsus Polda Sulsel, Ipda Artenius, dikonfirmasi, Selasa (3/9/2019).

Modus pelaku ialah mengiming-iming korban dengan membayarkan sejumlah uang untuk berangkat haji pada Agustus 2017 lalu. Namun, 2 tahun berselang, Muliati tak kunjung berangkat ke tanah suci.



Pelaku sendiri diamankan pada Polisi Selasa sekitar pukul 00.30 Wita setelah polisi melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Pelaku mengambil uang korbanya senilai senilai Rp 336 juta dengan meminta untuk segera ditransferkan agar korbannya bisa diberangkatkan menunaikan ibadah haji.

"Mengakui perbuatannya telah mengiming ngimingi naik haji kepada korban Muliati dan korban disuruh transfer sebanyak Rp 336 Juta," jelasnya.

Korban sendiri melaporkan kejadian penipuan dirinya pasa Sabtu 31 Agustus 2019. Selain pelaku, polisi juga telah berhasil menyita sejumlah paspor dan buku vaksin korbanya. Kini pelaku diserahkan ke Polrestabes Makassar guna penyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com