detikNews
Selasa 03 September 2019, 18:51 WIB

392 Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Aceh Tiba di Tanah Air

Agus Setyadi - detikNews
392 Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Aceh Tiba di Tanah Air Sebanyak 392 jemaah haji kloter 1 embarkasi Aceh tiba di Tanah Rencong/Foto: Agus Setyadi-detikcom
Banda Aceh - Sebanyak 392 jemaah haji kloter 1 embarkasi Aceh tiba di Tanah Rencong. Satu jemaah dalam kloter ini meninggal di tanah suci.

Pantauan detikcom, pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah kloter pertama mendarat di Bandar Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, sekitar pukul 16.17 WIB, Selasa (3/9/2019). Setelah pesawat mendarat, petugas imigrasi masuk ke dalam pesawat dan mengambil paspor jemaah.

Setelah proses selesai, satu per satu jemaah turun dari pesawat. Para jemaah selanjutnya masuk ke dalam bus yang menunggu sekitar dua meter dari tangga pesawat

Jemaah kloter pertama ini yaitu gabungan dari Kabupaten Aceh Utara, Pidie Jaya, Pidie dan Kota Sabang. Setelah tiba di bandara, para jemaah kemudian dibawa ke Asrama Haji di Banda Aceh untuk mengambil barang.


 Sebanyak 392 jemaah haji kloter 1 embarkasi Aceh tiba di Tanah Rencong. Sebanyak 392 jemaah haji kloter 1 embarkasi Aceh tiba di Tanah Rencong. Foto: Agus Setyadi-detikcom



"Setelah proses di Asrama Haji, jemaah dari Aceh Utara, Pidie, dan Pidie Jaya langsung pulang malam ini. Sedangkan jemaah dari Sabang kemungkinan besok karena harus pakai kapal laut," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Daud Pakeh kepada wartawan di bandara.

Menurutnya, jemaah yang diberangkatkan dari kloter pertama ini berjumlah 393 jemaah. Namun satu orang wafat di Mekah, Arab Saudi. Untuk kondisi jemaah yang tiba di Tanah Rencong, sebut Daud, tidak ada yang harus dirawat.

"Pesawat yang membawa jemaah kloter pertama sedikit terlambat tiba di Aceh karena keterlambatan keberangkatan dari bandara di Madinah. Hal itu karena kepadatan di bandara Madinah," jelas Daud.

Daud menjelaskan, saat ini seluruh jemaah haji embarkasi Aceh sudah berada di Madinah. Untuk kloter kedua diperkirakan tiba di tanah air pada Rabu (4/9) besok pagi.

"Dari seluruh jemaah yang kita berangkatkan, 14 orang wafat. Umumnya mereka meninggal di Mekah," kata dia.
(agse/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com