detikNews
Selasa 03 September 2019, 14:53 WIB

PKB ke Amien Rais soal Pindah Ibu Kota: Tolong Jangan Pakai Kebencian

Mochamad Zhacky - detikNews
PKB ke Amien Rais soal Pindah Ibu Kota: Tolong Jangan Pakai Kebencian Foto: Waketum PKB Jazilul Fawaid (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Waketum PKB Jazilul Fawaid mengecam pernyataan politikus senior PAN Amien Rais yang menyebut pemindahan ibu kota negara bisa mempercepat pengambilalihan kedaulatan RI oleh China. Jazilul meminta Amien agar tidak menyimpulkan pemindahan ibu kota dengan pendapat yang tak berdasar.

"Dari mana dasarnya? Tolong jangan gunakan variabel kebencian untuk menyimpulkan rencana pindah ibu kota," kata Jazilul kepada wartawan, Selasa (3/9/2019).


Jazilul juga meminta Amien tidak memfitnah dengan menyebut etnik negara lain. "Berhentilah menebar fitnah, apalagi menyebut etnik atau negara tertentu," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Amien Rais mengkritik rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim). Dia mengatakan pemindahan ibu kota bisa mempercepat pengambilalihan kedaulatan RI oleh China.


"Saya pikir ini ibu kota itu mempercepat pengambilalihan kedaulatan oleh Republik Rakyat China. Sekali lagi, Xi Jinping ini lebih hebat dari Mao Zedong," kata Amien dalam seminar 'Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota' di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

"Xi mengatakan bahwa kalau negara-negara Barat bisa menduduki negara lain, negara-negara Barat dalam era kolonialisme bisa menjajah negara lain, mengapa kita tidak?" imbuh dia.


Deal-deal Politik di Balik Pemindahan Ibu Kota Baru:


(zak/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com