detikNews
2019/09/01 18:14:47 WIB

Kisah Jatuh Bangun Almarhum Sutopo Diabadikan di Buku 'Terjebak Nostalgia'

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 3 dari 3
Kisah Jatuh Bangun Almarhum Sutopo Diabadikan di Buku Terjebak Nostalgia Foto: Buku 'Terjebak Nostalgia' (Sachril-detikcom)


Kedua orangtua Sutopo, yakni Suharsono Harsosaputro (ayah) dan Sri Roosmandari (ibu) hadir dalam launching buku ini. Suharsono mengungkapkan, ia berterima kasih karena kisah hidup anaknya, diangkat dalam sebuah buku.

Ayah Sutopo ini mengaku, dirinya sempat terkejut ketika mengetahui bahwa anaknya mengidap kanker stadium 4B. Ia sempat tidak percaya. Hal ini dikarenakan Sutopo adalah orang dengan gaya hidup sehat.

"Pada Januari 2018, dia mengatakan bahwa dia dari dokter di Malaysia, kena penyakit kanker stadium 4B. Saya terkejut. Padahal dia tidak merokok, hidupnya sehat. Sekarang akhirnya dia pada waktu 4 hari sebelum meninggal, dia minta maaf dan menitipkan anak-anaknya untuk dibantu menjaga, ungkap Suharsono.



Dia pun menjelaskan bahwa sampai saat ini, dirinya masih merasa kehilangan. Suharsono mengatakan bahwa Sutopo adalah anak yang berbakti dan selalu membahagiakan orang tua.

Ia pun bercerita bagaimana Sutopo dulu baru bisa membaca saat kelas 3 SD. Ayah Sutopo yang sebagai guru SD pun sempat heran. Sebab, segala metode pembelajaran yang diberikan agar Sutopo bisa membaca, tetap tidak berhasil.



Ia pun membawa Sutopo ke dokter dan diketahui, bahwa anaknya mengidap amandel. Tak lama, Sutopo pun menjalani operasi pengangkatan amandel.

"Ternyata ketika saya periksakan ke dokter, dia kena amandel. Setelah kelas 3 SD, dioperasi amandelnya. Setelah dioperasi, tampak semangat dan rajin belajar. Saya heran sendiri, kenapa bisa cepat membaca. Kalau pulang sekolah bawa buku lalu membaca buku di depan saya. Prestasinya, luar biasa. Dia selalu nilainya baik ulangan maupun rapot, tidak ada yg kurang dari 8. Matematikanya 10," jelas Suharsono.



(rvk/rvk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com