Cerita Pasangan Disabilitas Punya Rumah DP Rp 0: Bagaikan Mimpi

Faiq Hidayat - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 15:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rumah Solusi Rumah Warga (Samawa) DP Nol Rumah (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)


Tipe rumah yang ditempatinya satu kamar. Firman dan Tania yang sudah menikah selama 10 tahun membayar Rp 1.687.000 per bulan jangka waktu 15 tahun.

Menurut Firman, rumah tersebut memilik akses bagi penyandang disabilitas setelah dirinya mendengar cerita dari temannya. Pengelola disebut juga membutuhkan masukan untuk penyandang disabilitas.

Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta TimurRumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)

"Kan kami belum survei ke unitnya ya, tapi kalau sudah kami lihat di YouTube menurut teman-teman ya yang non-disabilitas yang melihat ya, itu cukup akses dibilang. Tadi pak developer-nya bilang kalau misalnya ada yang kurang kasih masukan," kata Firman.


Sementara itu, Tania yang berprofesi guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Pondok Bambu merasa senang memiliki rumah tersebut. Apalagi dirinya saat ini lebih dekat dengan tempat kerjanya.

"Dari sini justru lebih deket. Karena saya ngajarnya kan di daerah Pondok Bambu Betung Raya. Jadi alhamdulillahnya kita justru lebih deket daripada harus ke Jakarta Selatan itu suka susah aksesnya, kalau pagi suka macet, suka telat," tutur Tania.
Halaman

(fai/jbr)