detikNews
Jumat 30 Agustus 2019, 21:36 WIB

Bersepeda Malam-malam, Anies Bicara Harapan Polusi Jakarta Berkurang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Bersepeda Malam-malam, Anies Bicara Harapan Polusi Jakarta Berkurang Foto: Anies Baswedan bersepada malam-malam (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyadari polusi menjadi salah satu masalah di Jakarta. Untuk itu, dia meminta lebih banyak lagi masyarakat beraktivitas dengan bersepeda.

Anies bersama dengan sekitar 1.500 pesepeda melakukan Jakarta Night Ride, bersepeda malam dari Balai Kota ke Jakarta Internasional Velodrome, pada Jumat (30/8/2019). Dia menggunakan kaus dan sepeda hitam.

Jarak yang ditempuh oleh Anies sekitar 10 kilometer. Perlu waktu sekitar 40
menit Anies menggowes sepedanya hingga sampai di Jakarta Internasional Velodrome.


Anies menyebut selama masih banyak masyarakat menggunakan kendaraan pribadi, maka polusi udara di Jakarta akan tetap tinggi. Padahal, tingkat polusi harus ditekan.

"Kita tahu persis bahwa kondisi udara yang ada di kota kita itu disebabkan oleh kegiatan keseharian kita. Selama mobilitas kita lebih banyak menggunakan kendaraan dengan emisi, maka pasti kita akan punya kualitas udara lebih rendah," ucap Anies.

"Karena itu sesungguhnya gerakan untuk mengurangi emisi udara dibutuhkan bukan hanya di Jakarta, tapi di seluruh Indonesia. Karena itu teman-teman yang aktif di sini, Anda adalah pionir dalam membangun gerakan ini semua," imbuh Anies.


Anies berterima kasih kepada komunitas sepeda yang mengadakan acara Jakarta Night Ride. Semoga, makin banyak masyarakat yang ikut bersepeda dalam beraktivitas.

"Nah malam hari ini saya apresiasi sekali. Teman-teman bersepeda. Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang bersepeda seperti kita semua," ucap Anies.

Anies pun berjanji untuk membangun lebih banyak lagi jalan untuk sepeda. "Sehingga, bersepeda bisa lebih aman," kata Anies.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com