Pinta Maaf Universitas Khairun soal Plonco Lepeh Air

Round-Up

Pinta Maaf Universitas Khairun soal Plonco Lepeh Air

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 20:32 WIB
Foto: Gedung rektorat Universitas Khairun (Dok. Unkhair)
Foto: Gedung rektorat Universitas Khairun (Dok. Unkhair)
Jakarta - Universitas Khairun di Maluku Utara buka suara soal video viral kegiatan orientasi mahasiswa baru yang diisi aktivitas perploncoan berupa meminum dan melepehkan air di satu gelas yang sama. Mereka meminta maaf dan berjanji akan memberikan sanksi kepada para mahasiswa senior yang terlibat dalam aksi plonco tersebut.

Dirangkum detikcom, Jumat (30/8/2019), video aksi perploncoan itu telah viral di media sosial sejak beberapa hari belakangan. Dalam video yang beredar, sejumlah mahasiswa perempuan duduk di sebuah ruangan. Satu orang tampak memegang gelas berisi air kemudian meminum dan melepehkannya lagi. Selanjutnya, gelas itu diberikan ke teman mahasiswa lain di sebelahnya.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismunandar, menyesalkan peristiwa itu. Dia mengatakan kegiatan perploncoan yang terjadi di Unkhair tidak boleh terulang.

"Kejadian seperti ini tidak dapat ditoleransi dan tidak boleh terjadi di kampus," kata Ismunandar, Jumat (30/8).


Ia mengatakan Kemenristekdikti sudah berkomunikasi dengan pihak Unkhair. Menurut Ismunandar, rektorat Unkhair telah menindak oknum mahasiswa pelaku perploncoan itu sesuatu aturan kampus.

"Kami sudah kontak dan benar itu terjadi di Universitas Khairun. Mahasiswa yang melakukan sudah minta maaf dan rektor telah menindak sesuai dengan peraturan akademiknya," jelasnya.

Apa penjelasan Universitas Khairun?
Selanjutnya
Halaman
1 2