6 Alasan MA Ringankan Hukuman Eks Hakim Konstitusi Patrialis Akbar - Halaman 2

6 Alasan MA Ringankan Hukuman Eks Hakim Konstitusi Patrialis Akbar

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 16:10 WIB
Koruptor Patrialis Akbar dan penghuni LP Sukamiskin (antara/detikcom)
Koruptor Patrialis Akbar dan penghuni LP Sukamiskin (antara/detikcom)

4. Selain alasan tersebut juga terjadinya tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Pemohon PK/Terpidana Patrialis Akbar tidak terlepas dari peran serta orang lain yang juga turut bertanggung jawab, sehingga kadar kesalahan Pemohon PK/Terpidana akan mempengaruhi pula berat ringannya pidana yang akan dijatuhkan kepada Pemohon PK/Terpidana.

5. Bahwa sebagaimana fungsi lembaga peradilan termasuk MA dalam mengadili perkara tidak hanya berfungsi sebagai penegak hukum melainkan juga sebagai penegak keadilan, termasuk keadilan dalam menentukan berat ringannya pidana yang akan dijatuhkan kepada Terdakwa.

6. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka alasan PK Pemohon/Terpidana pada ada 3 yaitu adanya suatu kekhilafan atau kekeliruan yang nyata dalam putusan judex factie dapat dibenarkan. Sedangkan alasan-alasan PK selebihnya mengenai adanya "novum" dan "adanya pertentangan antara satu putusan dan putusan lainnya" tidak dapat dibenarkan karena alasan-alasan ini tidak beralasan menurut hukum.


Maka, atas dasar pertimbangan tersebut, majelis hakim PK menjatuhkan pidana kepada Pemohon PK/Terpidana dengan pidana penjara selama 7 (tujuh) tahun dan pidana denda sebesar Rp300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) subsider pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan

"Menjatuhkan pidana tambahan kepada Pemohon PK/Terpidana tersebut untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp 4.043.195 dan sejumlah US$ 10.000 dengan ketentuan jika Terpidana tidak membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 4 (empat) bulan," kata Andi yang ketua majelis itu.

Halaman

(asp/rvk)