detikNews
2019/08/30 04:45:56 WIB

Gugatan Keluarga Korban Lion Air JT610 ke Boeing Diprediksi Butuh Waktu Lama

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Halaman 2 dari 2
Gugatan Keluarga Korban Lion Air JT610 ke Boeing Diprediksi Butuh Waktu Lama Foto: Keluarga serta kerabat korban pesawat Lion Air PK-LQP menabur bunga di lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Kesedihan dan air mata mengiringi prosesi itu (Grandyos Zafna-detikcom).

Semua pengacara keluarga korban menyetujui tawaran pelaksanaan proses mediasi tersebut. Pengacara kedua belah pihak, Boeing dan keluarga korban, kemudian sepakat menunjuk Hakim Donald O'Connell untuk bertindak sebagai mediator.

Dari perkembangan mediasi, berikut beberapa catatan yang diperoleh Atase Perhubungan KBRI AS dari Hakim Donald O'Connell;

1. Dengan banyaknya korban yang mengajukan gugatan di Amerika Serikat, penyelesaian kasus ini diperkirakan membutuhkan waktu yang panjang.

2. Di Amerika Serikat, kerugian bagi setiap ahli waris korban dinilai satu per satu. Masing-masing ahli waris menerima jumlah yang berbeda, yang ditentukan oleh berbagai faktor, a.l. jumlah anggota keluarga dalam lingkaran terdekat, usia, penghasilan dan faktor lainnya.

3. Dalam hal mediasi berhasil mencapai titik temu atau kesepakatan, maka yang berhak menerima dana hasil mediasi dari pihak Boeing hanya ahli waris korban yang telah mengajukan gugatan ke perusahaan Boeing.

Selain itu, baik Hakim Donald O'Connell maupun pengacara keluarga korban menyatakan bahwa seluruh ahli waris korban memiliki hak untuk mengajukan gugatan hukum kepada Pihak Ketiga, termasuk gugatan kepada perusahaan Boeing.


Simak Video "Mengenang Pesan Terakhir Korban Lion Air yang Diingat Keluarga"

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/zap)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com