Respons Ucapan Capim KPK Antam Novambar, Saut Cerita Pengalaman Dicurigai

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 20:57 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Agung Pambudhy/detikcom)
Dia mengatakan persoalan paling penting bagi pimpinan KPK bukan soal asal institusinya. Saut menyebut yang paling penting adalah apakah capim KPK itu bisa membawa KPK ke arah lebih baik atau tidak.

"Persoalannya adalah calon ini bisa nggak meyakinkan, 'Nih kita punya barang bagus, punya nggak?' Kalau ucapan dan pikirannya nggak sama, apa bagus?" tutur Saut.



Sebelumnya, Antam menolak anggapan bahwa anggota Polri yang bertugas di KPK bisa memperlemah KPK. Antam menyebut opini tersebut keliru.

"Saya tidak setuju kehadiran polisi untuk memperlemah KPK. Memang yang saya rasa, KPK saat ini menggunakan opini, penggiringan opini selalu, opini bahwa polisi masuk ke sana untuk memperlemah," kata Antam dalam tes wawancara dan uji publik di gedung Setneg, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Selasa (27/8).

Antam juga menjelaskan anggota Polri yang masa dinasnya sudah selesai di KPK tidak pernah menghalangi kinerja KPK. Dia pun menilai KPK sudah berada di zona nyaman dan dirinya ingin mengubah KPK jadi lebih baik.
Halaman

(zap/haf)