Novanto Bawa Kesaksian FBI untuk PK, KPK: Semua Bukti Sudah Diuji

Dhani Irawan - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 15:16 WIB
Setya Novanto (Pradita Utama/detikcom)


Aliran uang suap untuk Novanto dalam kasus ini memang cukup rumit. Dalam surat tuntutan pun jaksa KPK tidak menyebutkan Novanto menerima secara fisik uang suap tersebut, melainkan melalui 2 orang, yaitu Made Oka Masagung dan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo.

Untuk memahami bagaimana rumitnya aliran uang itu dapat dicek melalui tautan berita detikcom di bawah ini:


Perihal tentang pembuktian tersebut, jaksa KPK meyakininya dari kesesuaian saksi dan rekaman hasil sadapan. Hal itu diungkapkan jaksa pada surat tuntutan untuk Novanto dalam persidangan tahun lalu.

"Uang yang ditransfer Johannes Marliem ke Made Oka Masagung merupakan uang untuk Setya Novanto dan atas perintah Setya Novanto," kata jaksa KPK Wawan Yunawarto saat membacakan surat tuntutan untuk Novanto dalam persidangan pada Kamis. 29 Maret 2018.

Selain itu, aliran uang lainnya dilakukan melalui Irvanto Hendra Pambudi Cahyo. Modus yang digunakan ialah melalui skema barter dolar.

"Setya Novanto adalah beneficial owner dari uang-uang itu, sedangkan Made Oka Masagung dan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo adalah kepanjangan tangan dari terdakwa, on behalf," kata jaksa.
(dhn/fjp)