detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 15:37 WIB

Ngamuk, Tukang Palak Peneror Warung Kopi Makassar Diburu Polisi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Ngamuk, Tukang Palak Peneror Warung Kopi Makassar Diburu Polisi Warung kopi yang diamuk. (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar - Seorang pria di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial TF melakukan perusakan di Warkop Arabika, Jalan Serigala, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar. TF yang diduga sedang mabuk melempar perabotan warkop setelah gagal memalak senilai Rp 10 ribu.

"Dia mabuk, bau minuman, dia datang minta uang sama pengunjung di sini. Dia bilang, 'Uangmu dulu Rp 10 ribu,' tapi kita tidak kasih karena cuma buat minum (mabuk)," kata Rukman (56) selaku pemilik Warkop Arabika saat ditemui detikcom, Selasa (27/8/2019).


Rukman menjelaskan, pelaku datang seorang diri menggunakan sepeda motor sekitar pukul 02.30 Wita dini hari tadi. Rukman sempat menegur pelaku agar tidak membuat keributan karena cucunya sedang sakit.

"Saya tegur karena cucu saya lagi sakit. Tapi dia malah bilang kenapa kamu ikut campur, dia hantam saya kursi saya menghindar, dia hantam lagi sekali, masih tidak kena. Akhirnya dia ambil batu, dia lempar ke dalam kena lemari pendingin, (lemparan) kedua kena lagi lemari pendingin, kacanya pecah pintunya rusak," kata Rukman.

Tak hanya kaca lemari pendingin yang pecah, 1 etalase serta dinding warkop yang terbuat dari material kaca juga pecah.

"Berulang kali dia melempar, sampai 8 kali. Setelah itu, mungkin karena sudah capek, pelaku langsung pergi," kata dia.

Ngamuk, Tukang Palak Peneror Warung Kopi Makassar Diburu PolisiFoto: Hermawan Mappiwali/detikcom


Beruntung, tidak ada korban jiwa atas insiden pelemparan tersebut. Namun korban mengaku mengalami kerugian hingga Rp 8 juta akibat sejumlah perabotan warkopnya rusak parah.

Informasi yang diperoleh detikcom, pelaku memang sudah kerap membuat keonaran. Khusus di Warkop Arabika, setidaknya pelaku sudah membuat keributan 5 kali. Namun baru kali ini ia melakukan pelemparan.

Kini kasus pelemparan itu telah ditangani Polsek Mamajang, yang langsung mendatangi lokasi setelah menerima laporan dari korban.

"Pelaku sudah diburu, Polsek yang tangani," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko saat dimintai konfirmasi via pesan singkat.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com