Samarinda: Profil hingga Wisata di Dekat Lokasi Ibu Kota Baru

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 14:56 WIB
Samarinda: Profil hingga Wisata di Dekat Lokasi Ibu Kota Baru (Foto: Dok. Kemenhub)
Jakarta - Kota Samarinda belakangan menjadi ramai diperbincangkan masyarakat. Hal ini terjadi karena lokasinya dekat dengan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Nah, seperti apa sih profil hingga wisata di Kota Samarinda?

Pemerintah sendiri memutuskan memindahkan ibu kota ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara. Dari lokasi tersebut, pemerintah mengklaim telah menguasai lahan seluas 180 ribu hektare.


Berikut ini fakta-fakta kota Samarinda yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Profil

Samarinda dahulu merupakan bagian dari kesultanan Kutai Kertanegara ing Martadipura. Kemudian, baru pada 1960 Kota Samarinda resmi dibentuk dengan 10 kecamatan dan 16 kelurahan.

2. Wisata

Ada berbagai wisata alam yang ditawarkan di kota Samarinda. Misalnya air terjun Tanah Merah, air terjun Berambai, Kebun raya Unmul Samarinda, Taman Tepian Mahakam, dan Desa Budaya Pampang atraksi budaya suku Dayak Kenyah.


3. Infrastruktur

Kota Samarinda dilengkapi infrastruktur dari bandara hingga jalan tol yang menghubungkan dengan Balikpapan. Namun, saat ini jalan tol masih dalam tahap pembangunan yang ditargetkan beroperasi pada akhir 2019 nanti.

4. Perguruan Tinggi

Samarinda juga mendukung pendidikan masyarakat di sekitar. Tercatat, lebih dari 30 perguruan tinggi berada di kota Samarinda, misalnya Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, dan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.



Tonton video Soal UU Pindah Ibu Kota, Mendagri Tunggu Surat Balasan DPR:

[Gambas:Video 20detik]

(pay/lus)