detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 08:15 WIB

Laporan Dari Madinah

Jemaah... Ini Saran Agar Tetap Sehat Saat Pulang Haji

Ardhi Suryadhi - detikNews
Jemaah... Ini Saran Agar Tetap Sehat Saat Pulang Haji Foto: Jemaah haji Indonesia di Masjid Nabawi (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Madinah - Usai sebulan berada di Tanah Suci dan menunaikan rangkaian puncak haji, kondisi kesehatan jemaah haji sebagian mulai kendor. Jemaah pun diimbau lebih menjaga diri.

Terlebih, jemaah haji gelombang II tinggal menghitung hari untuk pulang ke kampung halaman. Di sisi lain, laporan terkait gangguan kesehatan dan korban meninggal belum juga berhenti.


Menurut dr Edi Supriyatna MKK, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, usai fase Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) kini saatnya jemaah haji fokus menjaga kesehatan agar pulang dengan selamat bertemu keluarganya di Tanah Air.

"Oleh karena itu jemaah haji yang sudah mengalami kelelahan, apalagi memiliki faktor risiko penyakit pada dirinya harus disiplin menjaga kesehatan," kata dr Edi.

Cara sederhana yang bisa dilakukan jemaah adalah tetap menjaga asupan cairan dengan jangan lupa minum air dan makan sesuai anjuran petugas kesehatan, termasuk juga menghindari aktifitas yang berlebihan.

"Semoga dengan demikian bisa menghilangkan lelahnya dan bisa pulang ke Tanah Air dengan selamat," lanjutnya.


Selain itu, dr Edi menjelaskan, ada 4 faktor setidaknya yang menyebabkan jemaah haji mengalami gangguan kesehatan dan kematian.

Pertama adalah air, kedua suhu, ketiga kelelahan, keempat adaptasi. Adapun jumlah kematian yang tinggi saat ini sebagian besar dipicu oleh kelelahan.

"Itu yang disebut fatigue death," tegas dr Edi saat dihubungi detikcom.

Ia menjelaskan, pada jamaah lansia atau jemaah haji yang memiliki faktor risiko internal seperti hipertensi, riwayat jantung iskemik, kencing manis, dan penyakit paru obstruktif kronis apabila kelelahan (exhausted) dan diperparah dengan suhu panas serta kurang minum maka bisa terserang fatigue death.

"Jadi konvergensi penyakit metabolik pada risti (risiko tinggi), plus lingkungan panas-kering, plus kelelahan, itulah penyebab kematian," pungkasnya.




Baqi, Peristirahatan Terakhir Keluarga Nabi hingga Jemaah Haji RI:

[Gambas:Video 20detik]


(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com