detikNews
2019/08/26 20:30:50 WIB

Round-Up

Rektor Asing Resmi Masuk Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Rektor Asing Resmi Masuk Indonesia Menristekdikti M Nasir dan Jang Youn Cho (Foto: Aditya Mardyastuti/detikcom)
Jakarta - Rektor asing resmi masuk ke Indonesia. Resminya rektor asing berkiprah di Indonesia itu ditandai dengan hadirnya Jang Youn Cho untuk memimpin Universitas Siber Asia, universitas berbasis online pertama di Indonesia.

Jang Youn Cho pertama kali diperkenalkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir hari ini, Senin (26/8/2019). Rektor asal Korea Selatan itu diperkenalkan di sela Pembukaan Kegiatan Ilmiah dan Rakornas Inovasi 2019 di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.

"Pertama kali rektor asing yang masuk di Indonesia yaitu di Universitas Siber Asia yang diselenggarakan Universitas Nasional Jakarta, di mana universitas ini (merupakan yang) pertama kali yang berbasis pada online," kata Nasir.



Ke depan, Jang Youn Cho akan memimpin Universitas Siber Asia. Universitas Siber Asia merupakan kerja sama Universitas Nasional dengan Hankuk University of Foreign Studies Korea.

Pengalaman Jang Youn Cho memimpin universitas pun tak perlu diragukan. Dilihat dari situs Universitas Nasional, Jang Youn Cho, diketahui sempat tinggal 17 tahun di Amerika Serikat dan kembali ke Korea Selatan pada 1997.

Jang Youn Cho, Ph D, CPA menempuh pendidikan di Hankuk University of Foreign Studies (Highest honor, B.A. in Public Adm.), University of Texas at Arlington (Master of Professional Accounting), dan University of Florida, Fisher School of Accounting, Ph. D. (Accounting). Dia pernah dinominasikan sebagai 10 besar profesor terbaik di Universitas Nebraska-Lincoln.

Jang Youn Cho juga merupakan profesor pendidik online di Korea dan membuka program MBA siber saat menjabat sebagai Dekan Pascasarjana Bisnis. Terakhir dia menjabat sebagai Vice President Hankuk University of Foreign Studies.

"Di mana rektor tadi punya pengalaman memimpin perguruan tinggi. Satu pernah memimpin perguruan tinggi di Hankuk University, Korea Selatan dan pernah di Amerika dan sekarang dia menjadi rektor di Universitas Siber Asia ini," jelasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com