detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 11:15 WIB

Pesan Sutiyoso ke Anggota DPRD DKI 2019-2024: Perjuangkan Hak Rakyat

Zunita Putri - detikNews
Pesan Sutiyoso ke Anggota DPRD DKI 2019-2024: Perjuangkan Hak Rakyat Para eks Gubernur DKI (dari kiri ke kanan): Djarot Saiful Hidayat, Sutiyoso, dan Basuki T Purnama. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso berharap anggota DPRD 2019-2024 yang akan dilantik hari ini bisa memperjuangkan kepentingan rakyat kecil. Dia meminta para anggota Dewan tak sekadar menjadi 'dewan stempel'.

"Tentunya Dewan bisa betul-betul memperjuangkan kepentingan rakyat Jakarta. Kecuali itu kan mengawasi jalannya pemerintahan eksekutif, apakah sudah sesuai melaksanakan program yang direncanakan bersama. Itu kan kontrol seperti itu, itu wajib dilakukan," ujar Sutiyoso saat menghadiri acara pelantikan anggota DPRD 2019-2024 di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).


Sutiyoso mengingatkan saat ini wewenang DPRD DKI itu sangat besar menentukan nasib rakyat di setiap daerah. Dia pun menceritakan perbandingan DPRD saat Orde Baru dan yang saat ini.

"Kalau dulu hanya tukang stempel, Orde Baru kan. Saya mengalami terakhir kali itu, ujung Orde Baru saya ngalamin, terus awal reformasi saya ngalamin, saya mengalami pemerintahan yang berbeda," kata Sutiyoso.


Pimpinan sidangPimpinan Sidang (Arief Ikhsanudin/detikcom)

Menurutnya, DPRD saat ini berbeda dengan 'dewan stempel'. Dia berharap anggota Dewan yang saat ini tak sekadar menjadi anggota Dewan 'stempel' dan tentunya bekerja untuk kepentingan warga DKI.

"Kalau dulu kekuatan Dewan, tukang stempel, dan sekarang punya kewenangan yang sangat besar," ucapnya.


Diketahui, 106 anggota Dewan ini akan diambil sumpah oleh Pengadilan Tinggi Jakarta pagi ini. Ketua DPRD DKI Jakarta 2014-2019 Prasetio Edi Marsudi yang akan memimpin sidang.



Tonton juga video Pelantikan DPRD DKI, PSI Boikot Anggotanya Kunker:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com